http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/issue/feed SENSI Journal 2018-11-29T01:57:15-05:00 Nur Azizah nur.azizah@raharja.info Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">SENSI Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset&nbsp;Soft Computing&nbsp;dengan penelitian dari &nbsp;yang berfokus pada&nbsp;<em>Data Mining</em>,&nbsp;<em>Neural Network</em>,&nbsp;<em>Swarm Intelligence</em>,&nbsp;<em>Decision Tree</em>,&nbsp;<em>Data Clustering</em>,&nbsp;<em>Data Classification</em>,&nbsp;<em>Rough Set</em>,&nbsp;<em>Pattern Recognition</em>,&nbsp;<em>Image Processing</em>.&nbsp;Software Engineering&nbsp;yang fokus pada&nbsp;<em>software Requirement and Specification</em>,&nbsp;<em>Software Design</em>,&nbsp;<em>Software Management</em>,&nbsp;<em>Software Testing</em>,&nbsp;<em>Formal Method</em>,&nbsp;<em>Distributed Database</em>&nbsp;dan&nbsp;<em>Information System, bidang riset</em>&nbsp;Business Intelligence&nbsp;dengan penelitian yang berfokus pada&nbsp;<em>information and knowledge discovery (OLAP), Ad hoc queries and reports</em>,&nbsp;<em>text mining</em>,&nbsp;<em>web mining</em>,&nbsp;<em>search engines</em>,&nbsp;<em>Decision Support and Intelligent Systems</em>&nbsp;serta&nbsp;<em>Visualization</em>. dan bidang riset&nbsp;TIK secara umum&nbsp;yang merupakan hasil riset ataupun review artikel. SENSI Journal diterbitkan sebanyak&nbsp;2 kali&nbsp;dalam&nbsp;setahun, yaitu bulan&nbsp;Februari&nbsp;dan&nbsp;Agustus.&nbsp;</p> http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/604 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYOUT BAHAN BAKU BERBASIS WEB PADA PT. SANICHEM TUNGGAL PERTIWI 2018-11-23T03:23:55-05:00 Handy Januar Permana handy.permana@raharja.info Erna Astriyani erna.astriyani@raharja.info Tanti Mayang Sari tanti@raharja.info <p><em>Manajemen tata letak produk yang tidak berdasarkan dari perancangan tata letak gudang yang baik akan mengalami kesulitan dalam operasi proses keluar </em><em>dan </em><em>masuk</em><em>suatu </em><em>produk dan tidak berdasarkan kapasitas gudang. Pengaturan gudang produk&nbsp; yang </em><em>dapat</em><em> diharapkan menghindari kerugian</em><em> suatu</em><em> perusahaan, dapat meminimalisasi biaya operasional dan mempermudah pelayanan atau proses keluar</em><em> dan</em><em> masuk barang. </em><em>Berdasarkan permasalahan pada gudang PT. Sanichem Tunggal Pertiwi seperti proses pencarian barang secara manual, layout bahan baku tidak tersusun sesuai area kategorinya, lamanya proses pencarian barang, serta kurangnya pengetahuan staff tentang penempatan barang. Maka peneliti membuat sistem informasi manajemen layout berbasis web. Implementasi sistem informasi manajemen layout berbasis web ini dapat mempermudah staff untuk pencarian barang serta mempercepat pencarian barang. </em></p> 2018-09-27T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/599 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PADA E-RECRUITMENT CALON KARYAWAN 2018-11-22T23:08:19-05:00 Sri Rahayu srirahayu@raharja.info Nur Azizah nur.azizah@raharja.info Rizky Ferlyawan ferly@raharja.info <p><em>Kemudahan Sistem yang dapat mempercepat proses rekrutmen karyawan sangat penting.Kemudahan yang dimaksud antara lain : permintaan karyawan pada masing-masing Divisi, Pengumuman lowongan kerja, kemudahan penerimaan informasi lowongan kerja bagi calon karyawan, kemudahan pengiriman lamaran, kemudahan memperoleh informasi diterima/ditolak, kemudahan bagi Kepala Personalia dalam mengatur kebutuhan tenaga kerja pada setiap Divisi, sampai dengan kemudahan bagi para petinggi di perusahaan, seperti komisaris dalam memonitoring keseimbangan antara kebutuhan sumber daya manusia (SDM) diperusahaan dengan efisiensi yang harus dioptimalkan.Belum ada sistem informasi yang dapat memberikan kemudahan-kemudahan tersebut yang menjadi permasalahan pada PT.Indoseiki Metalutama.Teknik analisis yang digunakan pada penelititan ini menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau analisis berorientasi obyek dengan UML (Unified Modeling Language) dengan Activity Diagram, sehingga penelitian ini akan mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.Dengan membangun aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP, jQuery yang diintegrasikan dengan database pada sistem informasi rekruitmen dapat menjadi solusi dari permasalahan rekrutmen karyawan ini.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/600 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI GURU DAN STAFF PADA SMK PANCAKARYA TANGERANG BERBASIS WEB 2018-11-23T02:20:17-05:00 Triyono Triyono triyono@raharja.info Rosiana Safitri rosiana@raharja.info Taufik Gunawan taufik.gunawan@raharja.info Taufik Gunawan taufik.gunawan@raharja.info <p><em>Pada era globalisasi saat ini kemajuan teknologi sangat pesat khususnya dalam bidang Ilmu Teknologi. Dimana kemajuan teknologi memasuki ke semua bidang sosial, ekonomidan pendidikan. Sistem absensi pada sekolah merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk mendata kehadiran guru dan staff yang ada pada sekolah tersebut. Penggunaan komputer sangat dibutuhkan dalam monitoring kehadiran guru dan staff sehingga data yang didapat lebih tepat dan akurat. Sistem informasi absensi pada SMK Pancakarya Tangerang masih menggunakan absensi manual dengan dilakukannya pencatatan pada buku agenda absensi, sehingga sangat mudah terjadi kerusakan pada buku agenda absensi guru dan staff yang terbuat dari kertas. Pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara serta studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, maka penulis akan memberikan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan sistem pada absensi yang berjalan saat ini dengan terkomputerisasi berbasis web. Perancangan dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP ( Hypertext Prepocessor ) dan database MySQL. Dengan sistem terkomputerisasi diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi sehingga mempermudah bagi guru dan staff yang ingin melakukan absensi tanpa harus mengisi buku absensi dan pembuatan laporan yang tepat dan akurat.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/601 VIDEO SOSIALISASI SUMUR RESAPAN BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA HUMAS PEMERINTAHAN KOTA TANGERANG 2018-11-23T02:21:18-05:00 Lusyani Sunarya lusyani@raharja.info Wahyu Hidayat wahyu.hidayat@raharja.info Edo Satria Winata edo@raharja.info <p><em>Bencana banjir menjadi permasalahan serius di Kota - Kota besar yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, banyak Pemerintah daerah mencari solusi untuk mencegah dan mengatasi banjir.Humas Pemerintahan Kota Tangerang merupakan divisi yang bergerak di bidang hubungan masyarakat.Sumur resapan berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Tujuan penelitian ini, untuk membantu divisi Humas dalam mensosialisasikan tentang manfaat sumur resapan, sebagai solusi untuk mengatasi banjir khususnya di Kota Tangerang.Permasalahannya adalah, media sosialisasi sebelumnya hanya menggunakan media poster, belum ada media dalam bentuk video yang informasinyalengkap dan dikemas secara menarik. Metode penelitian yang digunakan :pengumpulan data, analisa perancangan media, dan konsep produksi media (KPM). Hasil penelitian ini berupa motion graphic2Dyang menjelaskan tentang sumur resapan, proses alur kerja sumur resapan, dan manfaat dari sumur resapan untuk mengatasi banjir. Video ini terdapat unsur gambar, suara, gerak, dan musik yang dibuat dengan software grafis yaitu :Adobe Illustrator CS6, Adobe Premiere CS6, Adobe After Effect CS6, danAdobe Audition CS6. Melalui video sosialisasi sumur resapan ini, akan menjadi edukasi untuk masyarakat Kota Tangerang, dalam menjalankan program pemerintah mengenai cara mengatasi banjir setiap tahunnya dan sebagai sarana informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/605 RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN ASET IT UNTUK PENCATATAN HISTORY MAINTENANCE SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN 2018-11-23T03:39:46-05:00 Junaidi Junaidi junaidi@raharja.info Novi Cholisoh novi@raharja.info Nur Hasanah nur.hasanah@raharja.info <p><em>Manajemen aset IT khususnya pencatatan history maintenance merupakan suatu praktek bisnis yang sangat penting di dalam suatu perusahaan. Aset IT yang dimaksud meliputi pemeliharaan aset perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan merancang sistem informasi manajemen aset IT untuk pencatatan history maintenance. Karena sistem yang ada saat ini untuk history maintenance masih berupa pencatatan manual dengan menggunakan Ms. Excel sehingga dalam pencarian data masih tersebar di masing-masing petugas IT dan kurangnya keakuratan data. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis menggunakan analisa PIECES, dan dengan melakukan observasi secara langsung di perusahaan, kepustakaan dengan mempelajari dokumen- dokumen yang sudah ada, dan wawancara kepada pihak yang terkait di perusahaan. Perancangangan model sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem yang memudahkan dalam pencatatan history maintenance sehingga data yang ada dapat digunakan dalam pengambilan keputusan pembelian aset IT dan menghindari pembelian aset yang tidak perlu.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/607 SISTEM INFORMASI TABUNGAN SISWA BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSA PUTRA KOTA TANGERANG 2018-11-23T04:25:06-05:00 Suwarto Suwarto suwarto@raharja.info Nasril Sany nasril.sany@raharja.info Eka Indriani eka.indriani@raharja.info <p><em>Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusa Putra Kota Tangerang hanyalah salah satu sekolah yang belum menerapkan teknologi (by system) secara menyeluruh. Diantaranya yaitu tabungan siswa. Dalam sistem yang berjalan saat ini pembayaran tabungan masih dilakukan bersamaan (dijadisatukan) dengan pembayaran SPP yakni satu bulan sekali dan data dimasukkan ke dalam Microsoft Access 2010 oleh satu orang bendahara sekolah dimana memiliki kemungkinan akan terjadi kesalahan atau ketidaktepatan dalam memasukkan nominal tabungan, siswa tidak dapat mengetahui jumlah saldo yang dimiliki, tidak memungkinkan para siswa untuk dapat menabung setiap harinya dan hanya dapat dipergunakan di kelas XII (dua belas). Sehingga diperlukan adanya sistem tersendiri bagi tabungan siswa yaitu sistem informasi tabungan siswa berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service), elisitasi kebutuhan sistem serta pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan secara visualisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan basis data MySQL sebagai database yang digunakan. Sistem Informasi Tabungan Siswa berbasis web ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada, mengingat manfaat dari tabungan ini cukup penting untuk para siswa serta sekolah untuk menuju kepada cyber school.</em></p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/608 PENGONTROLAN PENGECEKAN KUALITAS BARANG HASIL PRODUKSI DENGAN APLIKASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINNING 2018-11-23T04:40:54-05:00 Sugeng Santoso sugeng.santoso@raharja.info Sutrisno Sutrisno sutrisno@raharja.info Ikma Afrisha ikma@raharja.info <p><em>M</em><em>eningkatkan kualitas hasil produksi bagi setiap perusahaan menjadikan hal yang berperan sangat penting. Dengan adanya perkembangan daya saing yang semakin meningkat dijaman modern ini. Pada perusahan PT. Indonesia Syntehtic Textile Mills selalu menjaga dan berusaha penuh untuk &nbsp;meningkatkan kualitas hasil produksi agar selalu baik dan memuaskan bagi para customer. Salah satunya untuk tetap menjaga kualitas yang tinggi dari para perusahaan lain adalah dengan&nbsp; cara &nbsp;menggunakan&nbsp; sistem &nbsp;pakar&nbsp; untuk &nbsp;pengecekan &nbsp;kualitas&nbsp; hasil &nbsp;produksi dengan menyimpulkan hasil kepastian pada kualitas barang yang sesuai. Dalam perancangan dan pengembangan pengecekan kualitas hasil produksi ini menggunakan metode Backward Chaining sebagai pelacakan kebelakang penalaran dari kesimpulan identifikasi pengecekan kualitas, metode Unified Modelling Language (UML) sebagai tools perancangan sistem yang ada pada sistem berjalan.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2018-08-01T00:00:00-04:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/407 DESAIN ANIMASI INTERAKTIF DONOR DARAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL 2018-11-29T01:57:15-05:00 Abdul Hayat ahayat@rekayasa.co.id Yuniar Putri Dian Sapitri yuniar@raharja.info Renny Dwi Putri renny@yahoo.com <p>Seiring berkembangnya teknologi informasi yang semakin hari semakin pesat dan seiring berkembangnya era modernisasi, hampir mencakup semua bidang dan semua aspek kehidupan yang takkan pernah luput&nbsp; dari yang nama teknologi dan trend, bahkan menjadi kebutuhan yang primer, salah satunya dunia pendidikan, dunia pendidikan yang kenal telah mengalami revolusi&nbsp; mengikuti&nbsp; perkembangan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah ada.</p> <p>Semua hal bisa dibuat menjadi sebuah informasi, salah satunya Interaktif Donor Darah yaitu mengenal dan mengajak lebih dekat manfaat donor dan kegunaannya dalam kehidupan sehari hari serta menjadi lebih menarik dan semuanya termasuk di dalam interaktif donor darah itu merupakan hal yang wajib kita ketahui di era informasi yang menuntut kita mengikuti nya.</p> <p>Sarana itu bisa diwujudkan dengan software adobe flash CS3 profesional. Software adobe flash CS3 profesional merupakan software multimedia yang mencakup semua unsur multimedia bahkan bisa&nbsp; digunakan menjadi programing dikemas dengan tidak membosankan dan menjadi teman belajar yang baik.</p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/592 GOOGLE MAP UNTUK KEPENTINGAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI 2018-11-22T22:55:51-05:00 Dedeh Supriyanti dedeh@raharja.info Ratna Sari ratna@raharja.info Nabila Geysaka Amir nabila@raharja.info <p><em>Di dalam suatu lingkungan, sarana transportasi merupakan salah satu hal penting yang digunakan untuk bepergian. Sarana transportasi yang digunakan harus membantu masyarakat untuk mengantarnya berpindah tempat. Sarana transportasi yang digunakan biasanya angkutan umum seperti angkutan kota, taksi, mikrolet, metro mini, ojek, dan lain sebagainya. Untuk saat ini sarana transportasi umum masih mendapat banyak keluhan dari masyarakat yang menggunakannya. Untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat maka dibuatlah transportasi berbasis aplikasi agar lebih mudah dan aman yaitu dengan menggunakan GO-JEK. Penelitian ini menggunakan metode mind mapping, analisa Google Maps, dan analisa SWOT. GO-JEK adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam layanan yang berhubungan dengan transportasi berbasis teknologi berjiwa sosial dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan para pekerja di berbagai sector informal di Indonesia. Dengan GO-JEK, setiap masyarakat dapat memesan transportasi umum untuk dirinya sendiri dalam melakukan bepergian kemanapun dan kapanpun. Pada saat melakukan pemesanan, masyarakat tidak perlu lagi mencari ojek atau taksi yang ada di pangkalan, karena tinggal memesan melalui aplikasi GO-JEK.</em></p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/593 SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN METODE VALUE CHAIN 2018-11-22T22:55:51-05:00 Ageng Setiani Rafika agengsetianirafika@raharja.info Tamara Dian Anggiani anggi.dian@raharja.info Ananda Dian Alifah ananda.dian@raharja.info <p><em>Proses pembelian merupakan salah satu kegiatan utama pada sebuah perusahaan dimana proses tersebut berperan penting pada tingkat penjualan perusahaan dimana pada proses pembelian tersebut perusahaan dapat menentukan harga jual pada sebuah produk. Dalam kegiatannya proses pembelian tidak cukup hanya dengan sistem manualkarena adanya pemisahan fungsi dimana resiko kesalahan atas pembelian lebih besar sehingga di perlukan sistem yang lebih baik lagi. Kegiatan yang dimulai dari permintaan pengadaan barang, pembelian barang, pengiriman barang, pengolahan laporan pembelian ke pimpinan merupakan tahapan dalam proses pembelian.Perancangan sistem informasi pembelian pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis Value Chain, dimana metode tersebut dapat memberikan informasi yang terperinci untuk mendapatkan keunggulan pada sebuah sistem. Hasil yang di dapat dalam metode Value Chain adalah sebuah sistem pembelian berbasis web menggunakan database MySQL yang dapat di akses secara online untuk kegiatan pembelian dan terintegrasi pada fungsi terkait. Dengan sistem online ini maka segala aktifitas pembelian akan berlangsung secara update baik aktifitas ataupun data yang tersedia sehingga meminimalisasikan kesalahan humaneror atau kesalahan data. </em></p> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/595 APLIKASI SISTEM PENGIRIMAN BARANG EKSPOR BERBASIS WEB PADA PT TUNTEX GARMENT INDONESIA TANGERANG GUNA MENINGKATKAN MUTU PROSES PENGIRIMAN EKSPOR BARANG 2018-11-22T22:55:51-05:00 Ruli Supriati ruli@raharja.ac.id Agus Salim Saputra agus.saliml@raharja.info Siti Shuhaibatul Islamiah shuhaibatul@raharja.info <ol> <li><em> Tuntex Garment Indonesia adalah perusahaan besar yang bergerak dibidang garment khususnya berkerja</em> <em>sama dengan buyer international seperti NIKE yang terletak di Jl. Moch Toha KM 2 No. 29- Tangerang. </em><em>Perencanaan produksi dan penyiapan bahan baku adalah prosedur dalam pembuatan pakaian jadi. Jika pakaian jadi tersebut dianggap telah memenuhi syarat quality control (QC) yang dinyatakan diberikannya kode QC, maka department shipping&nbsp; akan mengeluarkan loading ekspor, pada pelaksanaanya dilimpahkan kepada warehouse (gudang finish good). &nbsp;Permasalahan yang dihadapi PT. Tuntex Garment Indonesia terutama pada bagian finish good dalam pencarian dan penyimpanan data atau document masih secara manual dengan membuka satu persatu arsip, sering terjadi kesalahan dengan membutuhkan waktu lama dalam menyiapkan data pengiriman. Maka perlu dirancang sistem informasi pengiriman barang ekspor berbasis web guna mengatasi permasalahan pada PT. Tuntex Garment Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti, observasi, wawancara, studi pustaka adapun metode analisa sistem yang digunakan analisis SWOT dilanjut dengan perancangan berorientasi objek dengan menggunakan UML serta programming menggunakan Mysql sebagai database, PHP sebagai bahasa programnya. Hasil akhir&nbsp; penelitianadalah sebagai sistem informasi pengiriman barang ekspor sehingga memudahkan memperoleh informasi pengiriman dan pimpinan untuk melihat laporan kegiatan pengiriman barang ekspor.</em></li> </ol> 2018-02-01T00:00:00-05:00 ##submission.copyrightStatement##