KPM SEBAGAI PEDOMAN PRODUKSI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL dan BROADCASTING

Main Article Content

Untung Rahardja Sugeng Widada Dewi Immaniar Desrianti

Abstract

Perancangan suatu media periklanan dalam kebutuhan promosi produk apapun sama seperti halnya membangun sebuah bangunan yang mempunyai kualitas yang maksimal. Tanpa konstruksi dan persiapan yang baik mustahil untuk membangun sebuah bangunan yang hasilnya berkualitas. Demikian juga dalam merancang sebuah media periklanan, tanpa perencanaan yang matang dan sistematis tidak akan menghasilkan sebuah produksi media periklanan yang memuaskan, untuk itu diperlukan suatu konsep dalam merancang sebuah media periklanan. Dalam hal ini diperkenalkan sebuah konsep produksi media yang disebut Konsep Produksi MAVIB (KPM). Konsep Produksi MAVIB ini lebih diarahkan kepada hal-hal yang menyangkut tentang tahapan-tahapan yang harus dilakukan di dalam proses perancangan, tahapan tersebut mulai dari persiapan, produksi sampai pasca produksi. Melalui Konsep Produksi MAVIB seluruh proses perancangan dapat berjalan terarah secara teratur, sistematis dan mempermudah perjalanan setiap tahapan dalam merancang sebuah media periklanan yang dibuat. Dalam hal ini penulis menulis artikel untuk memperkaya atau mengembangkan sebuah konsep rancangan produksi media periklanan yang baik dan berkualitas dilihat dari segi persiapan media, produksi sampai pada pasca produksi. Dalam artikel ini diuraikan masalah yang dihadapi dalam Konsep Produksi MAVIB, baik dari segi desain, kekuatan media dan kelemahan media serta manfaat dari Konsep Produksi MAVIB ini. Pada implementasinya ditampilkan rancangan media iklan dengan menggunakan spesial effect CGI dalam menunjang promosi Konsentrasi MAVIB, Jurusan Teknik Informatika Pada Perguruan Tinggi Raharja. Disimpulkan bahwa, Kontribusi Konsep Produksi MAVIB ini akan sangat membantu dalam mengukuhkan dan memperkuat konsep produksi secara teoritis pada konsentrasi bidang ilmu MAVIB (Multimedia Audio Visual dan Broadcasting)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Rahardja, S. Widada, and D. Desrianti, “KPM SEBAGAI PEDOMAN PRODUKSI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL dan BROADCASTING”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 3, no. 2, pp. 175-205, Jan. 2010.
Section
Articles

References

Arismunandar, Satrio (2007). Produksi Feature dan Dokumenter untuk Media, Jakarta: Trans TV-Indonesia
Hagijanto, Andrian (2006). Metode Dramatisasi Ilustrasi Pada Iklan Sebagai Wacana Budaya Kontemporer, Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya
Handoko, Tri (2005). Pemilihan Tipografi pada judul film, Jakarta: Universitas Kristen Petra
Keraf, Gorys. (1993). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah
Liddels, Robert (2008). story and discourse. London:Pearson Education. 143 Majib,abdul (2008). Pengertian Konsep, definisi Pemasaran. Jakarta:Faculty of Jeehad
Regents, E. Champoux’ ,Joseph (2006). Film as a Teaching Resource, New Mexico:University of New Mexico Albuquerque
Sahara, Siti (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta
Setlur,Vidya (2007). Optimizing Computer Imagery for More Effective Visual Communication, Palo Alto: Nokia Research Center
Sari, Puspita, Wina, S.Sos (2006). Proses penyampaian pesan secara visual, Jakarta: Universitas Budi Luhur

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>