PROFIL KOMPETENSI PROFESI SISTEM INFORMASI BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT
Main Article Content
Abstract
Pada era knowledge management,telah menjadi kepercayaan bahwa organisasi yang mampu menangkap dan memanfaatkan berbagai pengetahuan yang terkandung di dalam diri setiap Sumber daya manusia yang dimilikinya akan memenangkan persaingan. Knowledge telah menjadi sumberdaya ekonomi yang lebih penting dari bahan baku atau uang. Knowledge management muncul sebagai mantera baru manajemen organisasi modern dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang makin kompetitif. Demikian pula dengan profil kompetensi profesi sistem informasi harus dikembangkan berdasarkan knowledge management. Berbagai upaya dan riset telah dilakukan untuk menyusun profil kompetensi profesi sistem informasi. Di pihak lain, upaya dan riset mengenai sumber daya manusia berbasis kompetensi juga berkembang dengan pesat. Tulisan ini mencoba untuk memadukan dua hal yang berada di dua dunia yang saling bersinggungan, yaitu dunia sistem informasi dan dunia manajemen pengetahuan yang berbasis kompetensi yang masih merupakan studi awal dan masih memerlukan penelitian lanjutan.
Downloads
Article Details
References
Bhatt, Ganesh D, (2000), Organizing Knowledge in the Knowledge development Cycle, Journal of Knowledge Management, Vol.4, No.1.
Civi, Emin, (2000), Knowledge Management as a competitive asset: a Review, Marketing Intelligence and Planning, Vol.1. No.4.
Henderson, J.C, Venkatraman, N. (1999), Strategic Alignment: Leveraging Information Technology for Transformating Organizations, IBM Systems Journal, Vol.5 No.38.
Kaplan, R. S., D. P. Norton, (2004), Strategy Maps, Harvard Business School Press, Massachusetts.
Lang, Josephine Chinying, (2001), Managing in Knowledge-Based Competition, Journal of Organizational Change Management, Vol.14, No.6.
Lubit, Roy, (2001), Tacit Knowledge and Knowledge Management: the Key to Sustainable Competitive advantage, Organizational Dynamics, Vol.29, No.4.
Lucia, A, D., R. Lepsinger, (1999), The Art and Science of Competency Models: Pinpointing Critical Succes Factors in Organizations, Jossey-Bass Peiffer, New York.
Nonaka, I. Takeuchi, H. (1995), the Knowledge Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. New York: Oxford University Press.
Sharp, Duane, (2003), Knowledge Management Today: Challenges and Opportunities. Information Systems Management, New York.
Spencer, L. M., S. M. Spencer, (1993), Competence at Work: Models for Superior Performance, John Wiley & Sons, New York.
Ward, J., J. Peppard, (2002), Strategic Planning for Information Systems, 3 rd Edition, John Wiley & Sons, New York.