iBOOKS STANDARDISATION AND GOOD PRACTICE FOR EFFECTIVE EDUCATION METHODS INSUPPORT OF ILEARNING

Main Article Content

Untung Rahardja Dewi Immaniar Desrianti Siti Mawadah

Abstract

Mutu pendidikan di negara kita saat ini diakui masih jauh dari yang diharapkan, dimana masih perlu di dukung oleh beberapa sistem yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.Pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan nasional. Melalui mutu pendidikan yang baik, akan terlahir manusia yang mampu bersaing di era globalisasi bercirikan high competition. Sistem iLearning (integrated Learning) atau dalam bahasa indonesia disebut sistem pembelajaran terpadu yang diterapkan merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan mutu menuju suatu pendidikan yang modern dan berkualitas. Pembelajaran berbasis iLearning, membutuhkan suatu content sebagai pendukung pendidikan yang salah satunya adalah iBooks. Namun kondisi pada saat ini, iBooks yang ada masih belum sempurna dalam memenuhi standarisasi pembelajaran iLearning. Dengan membuat standarisasi yang baku dan menambahkan beberapa komponen-komponen di dalam sebuah iBooks memungkinkan sebuah pembelajaran iLearning menjadi pendidikan berbobot dan seragam dalam nilai kualitas. Dengan kata lain standarisasi iBooks merupakan metode pendidikan modern dalam pembelajaran iLearning yang bermutu internasional dan mencirikan high competition. Dalam artikel ini di identifikasikan masalah yang dihadapi dalam suatu pendidikan khususnya dalam pembelajaran iLearning, definisi iLearning secara singkat, definisi iBooks tersebut, arsitekturiBooks dalam sebuah sistem iLearning, 10 Litelature Review yang membahas permasalahan yang sama serta 20 komponen yang harus terdapat didalam standarisasi baku sebuah iBooks agar dapat memenuhi unsur pembelajaran iLearning.Pada implementasinya, ditampilkan listing program yang ditulis menggunakanHTML. 20 komponen yang menjadi hal inti dalam sebuah iBooksdijabarkan kedalam fungsinya masing-masing. Dengan menambahkan 20 komponen tersebut ada 6 kelebihan dan 3 kekurangan didalamnya.Kontribusi penerapan standarisasi pembuatan iBooksmerupakan suatu solusi yang sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berbasis iLearning pada Perguruan Tinggi menuju mutu berstandar internasioal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Rahardja, D. Desrianti, and S. Mawadah, “iBOOKS STANDARDISATION AND GOOD PRACTICE FOR EFFECTIVE EDUCATION METHODS INSUPPORT OF ILEARNING”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 5, no. 1, pp. 70-91, Sep. 2011.
Section
Review

References

Adi, A. (2009). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).[Online].Tersedia:http://adyajuz.blogspot.com/2009/03/modelpembelajaran-cooperative.html [accessed 17/10/2011].
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Backlin, Gene (2010). Professional iPhone and iPad Application Development. http://www.amazon.com/Professional-iPhone-Application-Development-Programmer/dp/0470878193 [accessed 20/10/2010].
Bisri, A. M. (2008). Sekitar Pembelajaran Efektif. Tersedia di alamat: http://pendis.depag.go.id/ madrasah/Insidex.php?i_367=at02100015. [accessed 17/10/2011].
Gilliam dan Dixon, Hazel. (1991). Integrating Learning Planned Curriculum Units. Auastralia: Bookshelt Publishing Australia.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Maimunah (2010). Journal CCIT Vol.3 No.2. Tangerang : Raharja Enrichment Centre (REC).
Mulyono, A. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
NIE, Singapore, General Typology of Teaching Strategies in Integrated Learning System. http://www.microlessons.com [accessed 19/10/2010].
Prabowo, (2000). Pembelajaran Terpadu. Tersedia di alamat : http://anwarholil.blogspot.com/ 2008/04/pengertian-pembelajaran-terpadu.html [accessed 20/10/2011].
Slavin, R.E. (2005). Coopretative Learning, Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>