Ontology implementation within e-Learning Personalization System

Main Article Content

Bernard Renaldy Suteja Suryo Guritno Retantyo Wardoyo Ahmad Asharit

Abstract

Website adalah realisasi dari teknologi internet. Saat ini, seperti yang terlihat dari tren penggunaan, situs web telah berevolusi. Pada awalnya, situs hanya mengadopsi kebutuhan untuk mencari dan browsing informasi. Langkah awal peningkatan website sering dikenal sebagai teknologi 1,0 web. Saat ini, teknologi web 2.0 telah memungkinkan interaksi baik antar web-ke-web. Jenis interaksi seperti mengubah in formasi (sharing), dalam bentuk dokumen (SlideShare), gambar flickr), atau video (Youtube), informasi eksploitasi (wikipedia), dan juga penciptaan komunitas online (weblog, forum web) terutama layanan yang melibatkan masyarakat (inti dari web 2.0). Hal ini membawa dampak dan disebabkan oleh peningkatan interaksi sosial di dunia maya yang luas (internei) yang diikuti oleh munculnya interaksi pembelajaran dan pelatihan di mana seja-kapan saja yang disebut sebagai e-Learning. Pada dasarnya, belajar online memerlukan metode belajar mandiri dan kebiasaan belajar, yang sayangnya dimiliki oleh beberapa sumber daya manusia Indonesia. Kondisi yang terburuk dengan adanya sistem e-Learning sistem adalah karena e-Learning hanya bei fokus pada proses pengiriman konten substansi pembelajaran yang sama terhadap pelajar, meninggalkan aspek kognitif dan tidak menawarkan pendekatan atau pengalaman sendiri belajar interaktif dan juga meninggalkan adaptasi aspek pengguna dengan sistem. Oleh karena itu, agar e-Learning di Indonesia sukses diperlukan sistem e-Learning yang menerapkan teknologi web 2.0 agar para pelajar secara aktif berpartisipasi dan sistem yang menekankan personalisasi seperti kemampuan komprehensif, adaptif untuk tingkat kemampuan pelajar dan pengetahuan yang memiliki dukungan sumber daya. Dalam sistem e-Learning yang dibangun, ontologi akan diterapkan sebagai representasi makna pengetahuan dibentuk oleh para pelajar yang menggunakan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Suteja, S. Guritno, R. Wardoyo, and A. Asharit, “Ontology implementation within e-Learning Personalization System”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 3, no. 3, pp. 322-344, May 2010.
Section
Articles

References

[1] Arouna Woukçu, Ontological Hypermedia in Education: A framework for building web-based educational portals, 2003
[2] Chakkrit Snae and Michael Brueckner, Ontology-Driven E-Learning Sistem Based on Roles and Activities for Thai Learning Environment, 2007
[3] Cui Guangzuo, Chen Fei, Chen Hu, Li Shufang, OntoEdu: A Case Study of Ontology-based Education Grid Sistem for E-Learning, 2004.
[4] Emanuela Moreale and Maria Vargas-Vera, Semantic Services in e-Learning: an Argumentation Case Study, 2004
[5] I Wayan Simri Wicaksana, dkk, Pengujian Tool Ontology Engineering, 2006.
[6] Kerstin Zimmermann, An Ontology Framework for e-Learning in the Knowledge Society, 2006
[7] Nophadol Jekjantuk, Md Maruf Hasan, E-Learning content management An ontology-based approach, 2007.
[8] S.R. Heiyanthuduwage and D. D. Karunaratne, A Learner Oriented Ontology of Metadata to Improve Effectiveness of Learning Management Sistems, 2006