Efektivitas Digital Learning Platform terhadap Motivasi Mahasiswa menggunakan Studi Literatur

  • Richard Andre Sunarjo
  • Muhammad Yusup
  • Dwi Andayani
  • Alwiyah Alwiyah
  • Novita Khairunnisa Universitas Raharja
  • Aulia Khanza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi penerapan digital learning platform untuk meningkatkan motivasi mahasiswa di era digital. Di tengah perubahan lanskap pendidikan yang dipengaruhi oleh teknologi, motivasi mahasiswa menjadi faktor kunci keberhasilan belajar. Penelitian ini mengintegrasikan konsep-konsep dari teori motivasi, teknologi pendidikan, dan metode digital learning platform untuk merancang strategi pembelajaran yang berfokus pada partisipasi aktif mahasiswa. Pendekatan penelitian memadukan untuk memahami dampak penerapan metode digital learning platform terhadap motivasi mahasiswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan metode digital learning platform, seperti pembelajaran berbasis realita virtual, pembelajaran berbasis gamifikasi, dan metode pembelajaran simulasi komputer dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi mahasiswa dalam belajar secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digital learning platform dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, termasuk peningkatan motivasi, keterlibatan, dan keterampilan belajar. Dengan memanfaatkan teknologi digital secara efektif, mahasiswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan di era digital.

Published
2025-02-08
How to Cite
Sunarjo, R., Yusup, M., Andayani, D., Alwiyah, A., Khairunnisa, N., & Khanza, A. (2025). Efektivitas Digital Learning Platform terhadap Motivasi Mahasiswa menggunakan Studi Literatur. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 11(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cices.v11i1.3234
Section
Articles