Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Komputerisasi Akuntansi AMIK Raharja Informatika

  • Po. Abas Sunarya AMIK Raharja
  • Al-Bahra bin Ladjamudin STMIK Raharja
  • Ignatius Joko Dewanto STMIK Raharja

Abstract

Manajemen waktu adalah suatu teknik pengembangan kepribadian yang mengajarkan mahasiswa cara yang efektif untuk menggunakan waktu dan memformatnya untuk kebutuhan. Dalam manajemen waktu, mahasiswa dilatih untuk mengelola waktu secara efisien dengan
membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan waktu agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan, yang dimulai dari penyusunan jadwal kegiatan, skala prioritas, perkiraan waktu untuk suatu kegiatan, sampai evaluasi terhadap penerapan jadwal kegiatan
yang telah dibuat, sehingga setiap waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara produktif. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi AMIK Raharja Informatika. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang menggunakan metode survai dengan pendekatancross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa angket dan data sekunder tentang prestasi belajar mahasiswa
yang dilihat dari nilai indeks prestasi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari 37 responden yang diteliti 51,4% responden mempunyai manajemen waktu yang baik dan prestasi belajar terbanyak antara 3,26-3,50 (70,2%), dan terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa.

Published
2017-08-31
How to Cite
Sunarya, P., Ladjamudin, A.-B., & Dewanto, I. (2017). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Komputerisasi Akuntansi AMIK Raharja Informatika. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 3(2), 115-121. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cices.v3i2.434
Section
Articles