Desain Bisnis Fashion Berbasis E-Commerce Bagi Kelompok Usaha Kecil Dan Menengah
Abstract
Jenis usaha yang dapat dikelola oleh masyarakat biasa disebut UKM. Jenis usaha ini
tidak memerlukan modal yang besar, dan masuk kategori usaha kecil dan menengah. Pada
umumnya, salah satu jenis usahanya adalah bergerak pada penjualan pakaian, atau lebih
dikenal dengan fashion, baik untuk pria dan wanita. Permasalahan yang biasa terjadi pada
jenis usaha ini adalah proses bisnis kegiatan usaha yang bersifat konvensional. Polanya adalah
pembeli harus mendatangi langsung ke toko untuk memilih produk yang diinginkan. Bersaingan
yang tinggi berimbas pada jumlah pendapatan yang akan diperoleh. Bentuk konvensional ini
juga berakibat pada proses pengelolaan yang amburadul, baik pada proses transaksi penjualan
atau pencatatan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UKM dalam kegiatan
bisnisnya dengan cara mengembangkan sebuah sistem e-commerce. Penelitian dibangun
menggunakan model RAD (Rapid Application Development) melalui 4 tahapan yang telah
disediakan pada model RAD. Melalui sistem e-commerce ini,pengelolaan data dapat lebih baik.
Selain itu, dapat memperluas lingkup dan jangkauan pemasaran karena transaksi jual beli
dapat lebih efektif dan efisien, transaksi dapat dilakukan darimana saja dan kapan pun.
Efeknya akan berpengaruh pada pendapatan penjualan yang dapat semakin meningkatkan dan
bersaing dengan UKM yang sejenis.