IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK KELAYAKAN PEMBERKASAN SERTIFIKASI GURU
Abstract
Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tarakan membutuhkan sebuah aplikasi untuk
menghitung jumlah data guru yang “Layak” dan “Tidak Layak” dalam mengikuti pemberkasan
sertifikasi guru tersebut. Agar dapat memudahkan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota
Tarakan untuk mengetahui jumlah guru setiap tahunnya yang mengikuti pemberkasan
sertifikasi guru, pada penenlitian ini digunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN) Proses
perhitungan KNN adalah cara yang efisien dan efektif dalam bidang pengenalan pola,
pengkategorian teks, pengolahan objek karena sederhana di dalam pengolahan data serta
mampu melakukan training data dalam jumlah yang besar. pada penelitian ini terdapat
beberapa tahapan yang digunakan untuk mendapatkan nilai akhir, yaitu mengklasifikasikan
data guru sertifikasi kemudian melakukan penginputan pembobotan dengan menggunakan
perhitungan K-Nearest Neighbor (KNN), setelah mencari nilai terkecil dan terbesar dari setiap
data guru yang akan diuji, maka langkah selanjutnya mencari nilai jarak eucledien untuk
menentukan nilai terkecil dari seluruh data guru yang akan diujikan, agar dapat mendapatkan
nilai akhir dari data yang diujikan.