Animated Video and Class Discussion to Boost Learners’ Grammar
Abstract
Saat ini integrasi teknologi di setiap aspek kehidupan terutama dalam pendidikan merupakan
opsi yang tidak terelakkan, sebaliknya berkembang dengan pesatnya. Video animasi sebagai
satu dari media pembelajaran yang diterapkan di penelitian ini dengan tujuan untuk membantu
pelajar dalam belajar grammar, khususnya delapan bagian dalam pembelajaran (the eight
parts of speech), seperti kata benda, kata ganti, kata kerja, dan lain-lain. Juga diskusi kelas
dari video animasi yang ditampilkan. Ketidaktahuan dalam penggunaan the eight parts of
speech yang tepat menjadi permasalahan dalam proses belajar bahasa inggris di kelas sistem
informasi. Belajar grammar menjadi mudah, komunikatif, dan menarik dalam kontek nyata
melalui projek group pembuatan video animasi. Siswa-siswi STMIK Pontianak jurusan sistem
informasi menjadi partisipan dalam penelitian ini, mereka dikelompokan menjadi kelompok
kecil projek animasi. Penelitian tindakan kelas merupakan riset design karena guru
bertanggung jawab untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa-siswi selama belajar, yang
dilakukan melalui beberapa siklus. Catatan lapangan (fieldnotes) dan tes merupakan sumber
pengumpulan data. Selanjutnya regresi berganda 3 variabel SPSS ver. 25 dipakai untuk
mengetahui perbandingan pencapaian di setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan
group projek video animasi dan diskusi kelas sungguh secara signifikan membangkitkan minat
dan keterikatan pelajar dalam proses pembelajaran.