PENGEMBANGAN GAME SURVIVAL RPG “CITY OF NARNIA” BERBASIS UNITY 3D

  • Gusti Syarifudin STMIK Pontianak
  • Ares Yudha Pasca Irawan STMIK Pontianak
  • Muhammad Aldwin Reyhan Ghiffary STMIK Pontianak
Keywords: Unity 3D, RPG, Branching Dialog, GDLC, Story-Telling

Abstract

Kebanyakan game dengan genre RPG sekarang kurang menyajikan fitur-fitur penting yang
seharusnya ada pada game itu sendiri terutama dari segi gemplay mechanic dan dari segi story
telling, terkadang developer tidak menggerti apa fitur ataupun alur cerita yang pemain
inginkan sehingga banyak game RPG yang terasa membosankan dan repetitive. Oleh
karenanya penelitian ini mengembangkan game dengan genre RPG dan mengimplementasikan
fitur Branching Dialog untuk memberikan kesan unik pada pemain dari segi story-telling
dimana pemain dapat mengubah alur cerita yang dimiliki game dengan tujuan memberikan
gameplay yang menarik dan tidak repetitive. Metode perancangan game yang digunakan
adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Pembuatan game bergenre RPG ini
dibangun menggunakan Unity 3D. Hasil penelitian berupa sebuah game RPG berjudul City Of
Narnia yang menghadirkan fitur branching dialog, non-linear gameplay, serta fitur-fitur umum
pada game bergenre RPG. Secara keseluruhan game City Of Narnia dapat memberikan pemain
pilihan berbeda pada segi penyelesaian alur cerita, serta memberikan pemain banyak
kebebasaan pada gameplay dari game baik pada segi story telling atau gameplay-mechanic.

Published
2021-08-28
How to Cite
Syarifudin, G., Irawan, A., & Ghiffary, M. (2021). PENGEMBANGAN GAME SURVIVAL RPG “CITY OF NARNIA” BERBASIS UNITY 3D. Semnas Corisindo, 1(1), 9. 62. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/corisindo/article/view/2260