Transformasi Pendidikan dan Peluang untuk Menerapkan Blockchain Pada Pendidikan 4.0

  • Zulkarnain Kedah University Malaysia
  • Dede Cahyadi Universitas Raharja
  • Mulyati Mulyati Universitas Raharja
  • Efa Ayu Nabila Universitas Raharja
  • Lidya Wijayanti Universitas Raharja
Keywords: Blockchain, Pendidikan 4.0, Transformasi

Abstract

Banyak cara agar pendidikan 4.0 dapat terus berkembang pesat serta beriringan dengan
perkembangan teknologi yang semakin maju, dan untuk dapat saling mengikat agar seimbang,
salah satu caranya dengan menggunakan teknologi Blockchain yang terintegrasi dalam bidang
pendidikan untuk berbagai tujuan. Arah utama dalam proses pengembangan integrasi global di
bidang pendidikan adalah seperti penciptaan ruang pendidikan tunggal dan optimalisasi
interaksi antara pendidikan dan hubungan pemangku kepentingan. Metode Blockchain yang
tergabung dalam Pendidikan 4.0 di Indonesia belum bisa dikatakan banyak digunakan karena
pada awalnya Blockchain hanya dikenal untuk sektor keuangan. Sebenarnya Blockchain sangat
luas dan sangat tepat untuk diterapkan di era sekarang ini, karena Blockchain menawarkan
teknologi, kepercayaan dan transparansi dengan mengganti sistem sebelumnya dengan sistem
baru. Masalah khusus dalam makalah ini adalah untuk dapat menawarkan wawasan baru
transformasi Blockchain dalam pendidikan dan peluang aplikasi yang dapat diterima dan
digunakan secara optimal oleh siswa. Peneliti menggunakan metode studi literatur. Tujuannya
adalah untuk dapat menginformasikan nilai tambah Blockchain yang diterapkan dalam
pendidikan sesuai kebutuhan, pembaruan penelitian dan peluang penerapan Blockchain dalam
pendidikan 4.0. Teknologi Blockchain yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan misalnya
adalah pengarsipan, pembelajaran, sertifikasi Blockchain dan lain-lain

Published
2021-08-28
How to Cite
Kedah, Z., Cahyadi, D., Mulyati, M., Nabila, E., & Wijayanti, L. (2021). Transformasi Pendidikan dan Peluang untuk Menerapkan Blockchain Pada Pendidikan 4.0. Semnas Corisindo, 1(1), 10. 32. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/corisindo/article/view/2271