Penerapan Sistem E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Produk
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi dewasa ini semakin pesat dan sangat berpengaruh terhadap perubahan pola perdagangan. Perubahan pola perdagangan dari sistem manual ke sistem yang berbasis internet tentu saja menawarkan berbagai manfaat baik untuk penjual maupun konsumen. E-Commerce sebagai sistem perdagangan elektronik memberikan banyak manfaat baik bagi penjual maupun pihak pembeli. Sistem E-Commerce ini cenderung lebih diminati oleh kaum generasi Z. Generasi Z merupakan pangsa pasar yang menarik bagi kaum entrepreneur yang menggunakan sistem E-Commerce dalam menjalankan bisnisnya. Dalam memberikan pemahaman mengenai penerapan system E-Commerce dalam meningkatkan penjualan produk, penulis melakukan kegiatan seminar dan melibatkan siswa SMA yang merupakan gambaran dari generasi Z sebagai audiencenya. Metode yang digunakan adalah dengan mempresentasikan slide materi yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi serta dampak perkembangan perkembangan system E-Commerce terhadap penjualan produk. Peserta kegiatan terdiri dari wakil kepala sekolah dan siswa kelas XII SMA Panca Bhakti Pontianak. Diakhir kegiatan, dilakukan sesi pertanyaan dua arah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.