Sosialisasi Media Katalog Sebagai Sarana Promosi Pojok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Kecamatan Sepatan

  • Dewi Immaniar Desrianti Universitas Raharja
  • Muhamad Yusup Universitas Raharja
  • Andika Ramadhan Universitas Raharja
Keywords: UMKM, Katalog Produk, Sosialisasi

Abstract

Kecamatan Sepatan merupakan bagian dari Administrasi Pemerintah Kabupaten Tangerang di bagian Utara Kabupaten Tangerang. Visi dari Kecamatan Sepatan adalah “Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Sepatan yang sejahtera, mandiri, berwirausaha, dan untuk agribisnis”. Untuk mewujudkan misi ini terbentuklah usaha Mikro Kecil dan Menengah yang disebut UMKM. Permasalahan yang kini terdapat pada Pojok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu melanjutkan desain katalog dengan edisi kedua yang di mana pada katalog edisi pertama terdapat beberapa kekurangan produk UMKM yang belum masuk. Tujuan dalam penelitian ini agar pelaku UMKM yang masuk dalam katalog edisi kedua untuk terus eksis dalam pengembangan produk dan pemasarannya. Menurut data tahun 2020 terdapat 35 jenis produk dengan jumlah produk sebanyak 937 produk yang dipasarkan dan terjual sebanyak 581 produk, sedangkan saat ini terdapat penambahan jenis produk sebanyak 145 dengan penambahan jumlah produk yang dipasarkan menjadi 1.082 dan sebanyak 726 produk terjual. Banyak masyarakat Sepatan dan di sekitar yang belum banyak mengenal produk-produk lokal dari UMKM Kecamatan Sepatan. Tetapi kali ini hanya katalog saja yang dibutuhkan untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat.

Published
2021-08-28
How to Cite
Desrianti, D., Yusup, M., & Ramadhan, A. (2021). Sosialisasi Media Katalog Sebagai Sarana Promosi Pojok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Kecamatan Sepatan. Semnas Corisindo, 1(1), 550-558. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/corisindo/article/view/2473