Aplikasi Sistem Pakar Kerusakan Personal Computer Menggunakan Metode Certainty Factor

Main Article Content

Ike Putri Kusumawijaya

Abstract

Sistem pakar sebagai sebuah perangkat lunak komputer yang mempunyai basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah, dimana sistem pakar bila dikaitkan dengan kemampuan seorang teknisi komputer dalam mendiagnosa kerusakan Personal Computer (PC), dapat diciptakan suatu sistem komputer yang bertugas untuk mengetahui dan menganalisis masalah-masalah kerusakan Personal Computer (PC). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi sistem pakar dalam mendeteksi kerusakan Personal Computer (PC) berbasis web. Aplikasi ini berguna untuk membantu pemakai mendapatkan solusi mengenai troubleshooting Personal Computer (PC). Aplikasi ini dibuat menggunakan framework CodeIgniter. Aplikasi ini merupakan sistem pakar berbasis aturan dengan menggunakan certainty factor dan forward chaining. Berdasarkan hasil pengujian yang menghasilkan presentase keberhasilan 75% dari skala (1-100%). Sistem pakar yang dikembangkan pada aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui jenis kerusakan apa yang terjadi pada komputer mereka.


 


Kata kunci:  sistem pakar, kerusakan komputer, faktor kepastian

Article Details

How to Cite
Kusumawijaya, I. (2020). Aplikasi Sistem Pakar Kerusakan Personal Computer Menggunakan Metode Certainty Factor. ICIT Journal, 6(2), 183-194. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1115
Section
Articles

References

[1] R. Afnur, T. Sriwahyuni, dan A. Hadi, "Rancang bangun aplikasi sistem pakar untuk diagnosis kerusakan sepeda motor matic menggunakan metode forward chaining", Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, vol.4, no.2, pp.75-84 , 2016.
[2] F. Trianisa, dan A. Supriatna, "Sistem pakar mendeteksi kerusakan pada iPhone dengan menggunakan metode certainty factor", Media Jurnal Informatika, vol.8 , no.1, pp.33-40, 2016.
[3] I. M. G. Sunarya, I. M. A. Wirawan dan N. M. N. Sukendry, "Sistem pakar pendeteksi gizi balita dan alternatif pencegahan menggunakan metode certainty factor", Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol.6, no.1. pp.50-59, 2017.