ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN PADA INDUSTRI COATING
Main Article Content
Abstract
Banyak perusahaan saat ini memikirkan cara untuk memelihara hubungan baik mereka dengan para pelanggannya. Bukan hanya masalah loyalitas, meraih lebih banyak pelanggan juga menjadi tantangan besar. Calon pelanggan mencari perusahaan dengan reputasi yang bagus dengan cara melihat keberadaan customer care atau layanan pelanggan. Apabila terjadi masalah / komplain maka tim inilah yang selanjutnya bertanggung jawab. Bagaimana tim ini bekerja menyelesaikan masalah akan menjadi pertimbangan khusus untuk pelanggan apakah akan melakukan transaksi selanjutnya atau tidak. Teknologi informasi berperan dalam membangun sistem ini yaitu dengan implementasi Artificial Intelligence. Salah satu metode dari konsep data mining yang sesuai adalah
pohon keputusan CART (Classification And Regression Trees). Diperlukan data latihan yang diperoleh dari setiap cabang untuk selanjutnya digunakan perekayasa pengetahuan untuk membangun knowledge base.
Kata kunci : customer complaint handler, artificial intelligence, CART, datawarehouse,
knowledge base, knowledge engineer
Article Details
References
2. Vercellis; Carlo, (2009) Business Intelligence: Data Mining and Optimization for Decision Making Oded Maimon ยท Lior Rokach Data Mining and Knowledge : Discovery Handbook,Springer-Verlag Berlin Heidelberg Witten,Ian H.
3. Frank, Iebe; Hall, Mark A.;(2011) Data Mining third edition Elsevier, MA, USA
4. Gorunescu, Florin.(2011) Data Mining : Concepts,Models and Techniques, SpringerVerlag Berlin Heidelberg
5. Hermawati, Fajar Astuti.(2013) Data Mining, Penerbit Andi, Yogyakarta
6. Sofana, Iwan.(2011) Teori dan Modul Praktikum Jaringan Komputer, Modula, Bandung
7. Susanto,Sani.,Suryadi,Dedy.(2010) Pengantar Data Mining, Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Suyanto.(2014) Artificial Intelligence, Penerbit Informatika, Bandung
9. Wahyuni.(2004) Sistem Berkas, Penerbit Andi, Yogyakarta