Penerapan Data Mining Untuk Klastering Balita Penerima Imunisasi Campak Menggunakan Metode K-Means

Main Article Content

Muhammad Faisal Wiranti Sri Utami

Abstract

Imunisasi Campak adalah imunisasi yang dilakukan untuk mencegah penyakit campak terhadap balita yang disebabkan oleh virus rubeola dan rubella, imunisasi ini diberikan mulai dari rentang usia 9 bulan hingga dewasa. Proses imunisasi ini diberikan untuk merangsang kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut. Di Indonesia penyakit campak merupakan masalah yang harus dihadapi sebab dapat meningkatkan kematian pada balita. Oleh sebab itu penting bagi balita melakukan imunisasi campak untuk membentengi sistem kekebalan tubuh dari penyakit campak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui balita yang sudah menerima imunisasi campak berdasarkan Provinsi dengan menggunakan data mining dan algoritma K-Means dan menggunakan dan proses perhitungan menggunakan Microsoft Excel. Penelitian ini menggunakan 34 Provinsi dengan tingkat pemberian Imunisasi campak yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

Article Details

How to Cite
Faisal, M., & Utami, W. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Klastering Balita Penerima Imunisasi Campak Menggunakan Metode K-Means. ICIT Journal, 8(1), 46-55. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v8i1.2172
Section
Articles

References

[1] Gustientiedina, M.Hasmil Adiya, dan Yenny Desnelita, 2019, Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan Pada RSUD Pekanbaru, Vol. 05, Jurnal Naskah Teknologi dan Informasi, Universitas Andalas, Kota Padang.

[2] Asroni, Hidayatul Fitri, Eko Prasetyo, 2018, Penerapan Metode Clustering dengan Algoritma K-Means pada Pengelompokkan Data Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Vol. 21, Jurnal Semesta Teknika, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

[3] Benri Melpa Metisen, Herlina Latipa Sari, 2015, Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila, Vol. 5, Jurnal Media Infotama, Universitas Dehasen, Bengkulu.

[4] Benri Melpa Metisen, Herlina Latipa Sari, 2018, Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means, Vol. 1, Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, IPM2KPE, Sumatera Selatan.