Perbandingan Efektivitas Metode PIECES dan EUCS dalam Analisis Kepuasan Pengguna MyXL

Main Article Content

Dimas Fikri Cahyadi Widya Khafa Nofa Dewi Anggraini Puspa Hapsari

Abstract

Kepuasan pengguna mencerminkan keselarasan antara harapan individu dan hasil yang diperoleh saat berinteraksi dengan layanan. Dua metode yang umum digunakan adalah PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service) dan EUCS (End-User Computing Satisfaction). Metode ini dirancang untuk menyediakan suatu kerangka kerja yang holistik dalam mengevaluasi aspek-aspek beragam yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan, sehingga memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap persepsi dan pengalaman pengguna terhadap suatu layanan atau produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap layanan aplikasi MyXL menggunakan metode PIECES dan EUCS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel Information dalam metode PIECES mendapatkan rata-rata tertinggi sebesar 3.717. Ini menunjukkan bahwa pengguna memberikan penilaian yang tinggi terhadap ketersediaan informasi dalam layanan aplikasi MyXL. Di sisi lain, pada metode EUCS, variabel Ease of Use mencapai nilai tertinggi sebesar 4.522 dengan kategori SANGAT PUAS. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna merasa sangat puas dengan kemudahan penggunaan aplikasi MyXL.

Article Details

How to Cite
Cahyadi, D., Nofa, W., & Hapsari, D. (2024). Perbandingan Efektivitas Metode PIECES dan EUCS dalam Analisis Kepuasan Pengguna MyXL. ICIT Journal, 10(2), 223 - 235. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v10i2.3202
Section
Articles