Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit X
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dengan variabel tangible (Bukti langsung), realibility (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), emphaty (kepedulian), dan assurance (jaminan) terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit X. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu Peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit X. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji T, dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSSv.25. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variabel reability, responsiveness, emphaty, dan assurance berpengaruh terhadap kepuasan peserta sedangkan variabel tangible tidak berpengaruh terhadap kepuasan peserta. Selain itu berdasarkan penelitian diperoleh nilai R2 yaitu sebesar 0.765 (76.5%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel independent yaitu tangible (Bukti langsung), realibility (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), emphaty (kepedulian), dan assurance (jaminan) berepengaruh 76.5% terhadap kepuasan pelayanan, dan sisa nya sebesar 23.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.