Penggunaan Selling Techniques Evaluation Grid Untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen dan Penjualan di UMKM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini akan menganalisis penggunaan STEG oleh UMKM Indonesia dan dampaknya terhadap pelayanan konsumen dan kinerja penjualan. Meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan sangatlah penting dalam era persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini. Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dapat menghasilkan peningkatan penjualan, peningkatan reputasi, dan loyalitas pelanggan. Salah satu alat yang dapat membantu dalam hal ini adalah Selling Techniques Evaluation Grid (STEG), yaitu metode untuk mengevaluasi teknik penjualan dan meningkatkan kinerja penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana dimulai dengan penjelasan teknik wawancara , pencatatan wawancara pada narasumber terpilih, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tabel STEG deskriptif dan dilakukan skor penilaian, sampai tahap terakhir dengan visualisasi grafik. Penelitian ini dilakukan di pameran Brightspot dimana terdapat dua brand yang dianalisis yaitu Verso Jewellery dan Racoon and Babies, dimana hasil STEG menunjukkan Verso Jewellery lebih unggul dengan skor penilaian 18 ‘yes’ dibandingkan Racoon and Babies dengan skor penilaian 14 ‘yes’ dalam pelayanan konsumen dan kinerja penjualan dari akumulasi tahapan Greet and Questioning, tahapan Argue, tahapan Objections, tahapan Cross and Additional Sales serta tahapan Closing. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan Selling Techniques Evaluation Grid (STEG) dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan kinerja penjualan di UKM di Indonesia