Media Merchandise Sebagai Penunjang Promosi Pada SMP Putra Bangsa Kota Tangerang

Main Article Content

Lusyani Sunarya Mintauli Debataraja Muhamad Faidlillah Kamal

Abstract

Penggunaan media desain grafis semakin meluas dan salah satu bidang yang terpengaruh adalah kebutuhan promosi. SMP Putra Bangsa Kota Tangerang merupakan bagian dari Yayasan Islam Babussalam Kota Tangerang yang termasuk dalam tahap pengembangan dan memiliki media promosi yang kurang efektif karena hanya mengandalkan media cetak berbentuk brosur, hal ini tentu mempengaruhi angka calon siswa pendaftar yang terbilang belum maksimal, untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan media promosi yang lebih baik dalam bentuk merchandise yang terdiri dari beberapa produk seperti gantungan kunci, jam dinding, mug, payung, pin, stiker & tote bag. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang kegiatan promosi melalui kunjungan ke sekolah-sekolah SD relasi, serta untuk menunjang berbagai event sekolah lainnya, sehingga dapat lebih menarik minat calon pendaftar dan meningkatkan jumlah pendaftaran siswa baru. Metode penelitiannya menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, analisa perancangan media menggunakan software adobe photoshop dan konsep desain yang meliputi layout kasar, komprehensif dan final artwork. Melalui media promosi berupa merchandise yang dirancang, diharapkan dapat membantu sekolah dalam kegiatan promosinya dalam upaya menarik minat calom siswa/i baru dan dapat meningkatkan jumlah pendaftaran siswa mendatang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Debataraja, M., & Kamal, M. (2020). Media Merchandise Sebagai Penunjang Promosi Pada SMP Putra Bangsa Kota Tangerang. MAVIB Journal, 1(2), 135-144. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v1i2.1034
Section
Articles
Author Biographies

Lusyani Sunarya, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Mintauli Debataraja, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Raharja

Muhamad Faidlillah Kamal, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Triyono, Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan, 2017, Desain media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda, CCIT Journal Vol.10 No.1, Tangerang, STMIK Raharja.

[2] Suyono, Annisa Maharani, Obsatar Sinaga dan Tezza Adriansyah Anwar, 2019, Perencanaan Bisnis Merchandise Resmi Universitas ABC Dengan Menggunakan Timmons Model, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol.5 No.2, Bandung, Universitas Widyatama.

[3] Aris, Chris Syahnaz dan Siti Mariah Ulfa, 2017, Desian Merchandise Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi SD Islam Miftahul Huda, CCIT Journal Vol.3 No.2, Tangerang, STMIK Raharja.

[4] Sunarya, Lusyani, Ogi Dermawan dan Muhammad Hanif Amrullah, 2016, Desain Media Sign System Dan Himbauan Sebagai Penunjang Informasi Pada Yayasan Perguruan Islam Attaqwa, SENSI Journal Vol.2 No.1, Tangerang, AMIK Raharja.

[5] Martono, Al Husain, dan Devi Iswara, 2018, Media Company Profile Berbentuk Desain Booklet Menggunakan Aplikasi Photoshop CS5 Di PT. Citra Surya Selaras Berbasis Multimedia, SENSI Journal Vol.4 No.2, Tangerang, STMIK Raharja.

[6] Setyanti, Nugraheni dan Umi Khabibah, 2018, Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Untuk Pembuatan Desain Katalog Sebagai Media Promosi di CV. Kajeye Food Malang, Jurnal Aplikasi Bisnis Vol.3 No.1, Malang, Universitas Negeri Malang.

[7] Sunarya, Po Abas dan Lisa Anisah 2018, Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Jurnal CERITA Vol.4 No.1, Tangerang, STMIK Raharja.

[8] Maulani, Giandari, Siti Nur Janah dan Alam Mahbubi 2017, Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Vol.7 No.1, Pontianak, STMIK Pontianak.

[9] Sulaiman, Annas Marzuki dan Sugiyanto 2019, Optimalisasi Potensi Karya Mahasiswa Mata Kuliah Grafika DKV Melalui Galeri Online, Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS), Vol.4 No.1, Malang, Universitas Negeri Malang.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>