Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak

Main Article Content

Lusyani Sunarya Kukoh Mey Ariyanto Nita Yuliyanti

Abstract

Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini dimanfaatkan sebuah sekolah termasuk pesantren menggunakan media promosi sebagai pengenalan serta daya tarik agar dapat diketahui oleh masyarakat luas.Maka dari itu, media video dirasa sangat efektif untuk dijadikan sebagai sarana promosi dizaman modern ini.Pondok Pesantren Al-Bayan adalah sekolah pesantren yang menerapkan nilai-nilai Islam didalamnya.Permasalahan yang ada yaitu sebelumnya pondok pesantren Al-Bayan, hanya menggunakan media cetak, social media,website, dan video profile yang dibuat tahun 2017 belum update informasinya sehingga memerlukan pengembangan dalam strategi media promosi pada Pondok Pesantren Al-Bayan. Tujuannya yaitu untuk membantu pondok pesantren Al-Bayandalam mengembangkan media berbentuk video promosi, agar menjadikan daya tarik yang efektif dan informatif bagi calon santri.Manfaatnya adalah pondok pesantren Al-Bayandengan mudah memberikan informasi dalam bentuk video promosi yang menarik kepada masyarakat luas.Metode penelitiannya yaitu dengan pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep produksi media (KPM) yaitu: pre production, production, dan postproduction. Hasil dari penelitian ini berupa media video sebagai penunjang promosi pada Pondok Pesantren Al-Bayan.Melalui video promosi ini, diharapkan dapat membantu Pondok Pesantren Al-Bayan dalam memberikan informasi yang terupdate, dan informatif serta meningkatkan jumlah penerimaan santri baru setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Ariyanto, K. M., & Yuliyanti, N. (2020). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 2(1), 13-26. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v2i1.1182
Section
Articles
Author Biographies

Lusyani Sunarya, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Kukoh Mey Ariyanto, Universitas Raharja

Staff MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Nita Yuliyanti, Universitas Raharja

Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Duan,Remart Richards. Johnny A.F. Kalangi dan Olivia Walangitan.(2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Manado: Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Administrasi Bisnis. ISSN 2338-9605. Vol. 9, No. 1: 131.

[2] Romli, Mohammad.(2018). Peluang dan Tantangan Penerapan Sistem Akuntansi Pesantren Indonesia (Santri) di Indonesia. Pakong Jawa Timur: STEI-MM Sumber Bungur. Ekomadania :Journal of Islamic Economic and Social. ISSN: 2579-5759. Vol. 2, No. 1:38.

[3] Sunarya, Lusyani. Rindang Kusumaninggar dan Adrian Syahputra.(2017). Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang.Tangerang : STMIK Raharja. Eksplora Informatika. Vol.6, No.2.

[4] Hidayat, Wahyu.Suhendra Suhendra dan Ade Maulana. (2016). Perancangan Media Video Profile Berbentuk Promosi dan Informasi di SMK Yuppentek 4 Ciledug Tangerang.Tangerang : STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 2, No. 1.

[5] Maulani,Giandari. Citra Jessycha dan Deni Erlangga Saragih.(2018).Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel-Indovision Dengan Adobe Premiere Pro.Yogyakarta: Universitas Amikom Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN: 2302-3805.Vol. 6 No.1.

[6] Rais,Nurlaila Suci Rahayu. Eduard Hotman Purba dan Siti Mutia Isnaini.(2018). Video Promosi pada Favehotel LTC Glodok Jakarta sebagai Penunjang Informasi.Tangerang: STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356 -5209. Vol.4 No.2.

[7] Renaldi, Ryan. Ani Fitriyani dan Gian RizkiIllahi.(2017). Media Video Profile Penunjang Promosi dan Informasi Pada SMK Harapan Jaya Kota Tangerang.Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Vol. 3, No. 1.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2