Desain Merchandise Sebagai Media Penunjang Promosi Pada SMK Insan Madani Kabupaten Tangerang
Main Article Content
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat, mengharuskan suatu lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya, untuk dapat bersaing di tengah masyarakat. SMK Insan Madani adalah sebuah lembaga dalam bidang pendidikan. SMK Insan Madani merupakan sekolah islami yang berlokasi di Perumahan Talaga Bestari, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. Setiap tahunnya selalu membuka penerimaan peserta didik baru. Untuk menarik minat calon siswa-siswi baru maka dibutuhkan sebuah Souvenir. Souvenir yang dilakukan menggunakan media komunikasi visual. Media Komunikasi Visual merupakan salah satu bentuk media informasi dan promosi yang mudah dipahami dan dimengerti oleh kalangan luas. Karena itu, penggunaan media komunikasi visual sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah lembaga Pendidikan kepada masyarakat luas. Saat ini media komunikasi visual yang digunakan oleh sekolah hanya menggunakan spanduk, brosur dan Poster. Media Desain komunikasi Visual yang saat ini digunakan sederhana dan informasinya belum update. Maka dari itu dibutuhkan pengembangan media komunikasi visual yang menarik agar bisa menarik minat calon siswa-siswi baru untuk bersekolah di SMK Insan Madani Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka serta metode perancangan media. Penelitian ini menghasilkan media Merchandise yang digunakan sebagai penunjang promosi pada SMK Insan Madani Kabupaten Tangerang.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Baqi, M. P. A., Sadewo, C., & Zainudin M. N, A. (2020). Desain Merchandise Sebagai Media Penunjang Promosi Pada SMK Insan Madani Kabupaten Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 2(1), 93-102. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v2i1.1204
Section
Articles
References
[1] Marpaung, Junierissa, 2018, Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan, Jurnal KOPASTA, Vol.5, No.2, Batam, Universitas Riau Kepulauan.
[2] Tama, Adi Kusuma Widya, Maria Dingi Novena dan Sefty Lestari, 2017, Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi", Journal Sensi Vol.3 No.1, Universitas Raharja, Tangerang.
[3] Andriyan, Wendy, Sindiawati, dan Ghina Puspita Kurnia, Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Bina Insani ICT Journal, Vol.7, No.1, Bekasi, Universitas Bina Insani.
[4] Idris, Syahril dan Lisa Amalia, 2020, Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis CorelDraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar, Jurnal Ilmiah Ecosystem Vol.20 No.1, Makassar, Universitas Bosowa.
[5] Ramadhani, Nugrahardi, Denny Indrayana Setyadi, Rabendra Yudistira Alamin dan Didit Prasetyo. Preliminary Design Pada Perancangan Merchandise Resmi Untuk Revenue Generated ITS Sebagai PTNBH, Jurnal Bahasa Rupa, Vol.1 No.2, STMIK STIKOM Indonesia, Denpasar.
[6] Arnada, Elvara Zunia dan Ricky Widyananda Putra, 2018, Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal IDEALIS, Vol.1 No.5, Universitas Budi Luhur, Jakarta.
[7] Maulani, Giandari, Henderi, dan Rahmah Diana, 2019, Desain Promosi Branding Montsera Apartemen Menggunakan Media Komunikasi Visual Product Knowledge, SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2019, STMIK Dipanegara, Makassar.
[8] Sunarya, Lusyani, Meliyana dan Titik Nofitasari, 2017, Desain Merchandise Pada The Batu Hotel & Villas, Cogito Smart Journal Vol.3 No.1, Sulawesi Utara, Universitas Klabat.
[9] Aris, Chris Syahnaz dan Siti Mariah Ulfah, 2017, Desain Merchandise Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi SD Islam Miftahul Huda, SENSI Journal Vol.3 No.2, Tangerang, Universitas Raharja.
[2] Tama, Adi Kusuma Widya, Maria Dingi Novena dan Sefty Lestari, 2017, Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi", Journal Sensi Vol.3 No.1, Universitas Raharja, Tangerang.
[3] Andriyan, Wendy, Sindiawati, dan Ghina Puspita Kurnia, Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Bina Insani ICT Journal, Vol.7, No.1, Bekasi, Universitas Bina Insani.
[4] Idris, Syahril dan Lisa Amalia, 2020, Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis CorelDraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar, Jurnal Ilmiah Ecosystem Vol.20 No.1, Makassar, Universitas Bosowa.
[5] Ramadhani, Nugrahardi, Denny Indrayana Setyadi, Rabendra Yudistira Alamin dan Didit Prasetyo. Preliminary Design Pada Perancangan Merchandise Resmi Untuk Revenue Generated ITS Sebagai PTNBH, Jurnal Bahasa Rupa, Vol.1 No.2, STMIK STIKOM Indonesia, Denpasar.
[6] Arnada, Elvara Zunia dan Ricky Widyananda Putra, 2018, Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal IDEALIS, Vol.1 No.5, Universitas Budi Luhur, Jakarta.
[7] Maulani, Giandari, Henderi, dan Rahmah Diana, 2019, Desain Promosi Branding Montsera Apartemen Menggunakan Media Komunikasi Visual Product Knowledge, SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2019, STMIK Dipanegara, Makassar.
[8] Sunarya, Lusyani, Meliyana dan Titik Nofitasari, 2017, Desain Merchandise Pada The Batu Hotel & Villas, Cogito Smart Journal Vol.3 No.1, Sulawesi Utara, Universitas Klabat.
[9] Aris, Chris Syahnaz dan Siti Mariah Ulfah, 2017, Desain Merchandise Sebagai Penunjang Informasi dan Promosi SD Islam Miftahul Huda, SENSI Journal Vol.3 No.2, Tangerang, Universitas Raharja.