Perancangan Multimedia Interaktif Sebagai Pelajaran TIK Untuk SDN Poris Gaga 8 Tangerang

Main Article Content

Indri Handayani Ade Setiadi Romy Azhar

Abstract

Desain Multimedia Interaktif (DMI) adalah suatu elemen yang tidak terlepas dari suatu unsur multimedia yang terdiri teks, audio, video, gambar, dan animasi. Mengapa demikian, karena DMI inilah yang menjadi bagian yang sangat kompleks dalam menghadirkan sebuah informasi dalam bentuk desain dan karakter yang menarik sebagai media presentasi yang komunikatif dan variatif. Namun sayangnya, permasalahan ini muncul pada salah satu sekolah SDN Poris Gaga 8 belum menerapkan sistem belajar interaktif karena minimnya fasilitas. Sebelumnya, SDN Poris Gaga 8 masih menerapkan sistem belajar tatap muka antara guru dan anak didik. Maka dari itu, dibutuhkan segera sebuah perancangan desain multimedia interaktif. Dengan menggunakan metode penelitian yang meliputi metode pengumpulan data, menganalisa perancangan media dan gambaran konsep tampilan layout media, seperti pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Hasil penelitian ini berupa sebuah presentasi yang berisikan tentang pembelajaran dasar pengenalan komputer. Sehingga diharapkan anak didik yang mempelajari media interaktif ini dapat menambah wawasan dalam penyerapan materi pelajaran dari gurunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Handayani, I., Setiadi, A., & Azhar, R. (2021). Perancangan Multimedia Interaktif Sebagai Pelajaran TIK Untuk SDN Poris Gaga 8 Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 2(2), 250-261. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v2i2.1507
Section
Articles
Author Biographies

Indri Handayani, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Raharja

Ade Setiadi, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Romy Azhar, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 257-263.

[2] Basori, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

[3] Sururi, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Rangka Manusia Berbasis Multimedia Interaktif di SD Negeri 060876 Medan Timur. Jurnal Tematik, 5(01).

[4] Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif pada PAUD Nurul Hikmah sebagai Media Pembelajaran. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 1(5), 393-400.

[5] Ismail, A., Darmawan, D., & Tetep, T. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2).

[6] Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61-66.

[7] Qadar, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia.

[8] Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145-158.

[9] Sugiharto, T. (2016). Rancang Bangun Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif. JEJARING, 1(01).

[10] Arinda, F. D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Fityani Pujon Malang. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Most read articles by the same author(s)