Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media desain grafis semakin meningkat setiap tahunnya dan salah satu bidang yang sangat berpengaruh yaitu untuk kebutuhan sarana informasi. Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang merupakan Kantor Kecamatan yang masih dalam tahap pengembangan dan memiliki kendala di bagian sarana informasi, sehingga kurang efektif dalam menyampaikan sebuah informasi pada masyarakat sekitar. Untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan media informasi yang lebih menarik lagi ke dalam bentuk media cetak yaitu berupa spanduk, banner, baliho dan lainnya. Sehingga dapat menaikkan citra Kantor Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam memberikan informasi melalui sebuah desain yang ditujukan kepada masyarakat umum khususnya masyarakat sekitar yang berada di Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, analisa perancangan media menggunakan Software CorelDraw X7 dan Adobe Photoshop CC 2019 dan konsep desain yang meliputi layout kasar, komprehensif dan final artwork. Dengan adanya media informasi yang telah diimplementasikan kedalam bentuk cetak seperti spanduk dan banner yang dirancang oleh peneliti diharapkan dapat membantu Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang dalam memberikan sebuah informasi kepada masyarakatnya.
Downloads
Article Details
References
[2] Ramaddan, M Julianti, Muhammad Iqbal Dzulhaq dan Ahmad Subroto, 2019, Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada PT Astari Niagara Internasional, Jurnal SISFOTEK GLOBAL Vol.9, No.2, Tangerang, STMIK Bina Sarana Global.
[3] Maulani, Giandari, Siti Nur Janah dan Yuri Alam Mahbubi, 2017, Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2, Jurnal SISFOTENIKA Vol.7, No.1, Tangerang, STMIK Raharja.
[4] Andriyanto, Arfa dan Virhaz Kurnia, 2019, Desain majalah Penunjang Promosi dan Informasi Pada AFC Indonesia, Jurnal CICES Vol.5, No.1, Tangerang, STMIK Raharja.
[5] Sugiarto, Dian dan Suhadi, 2019, Desain Majalah Penunjang Promosi dan Informasi Pada SMK Karya Bangsa Kota Tangerang, Jurnal CICES Vol.5, No.2, Tangerang, Universitas Raharja.
[6] Apriani, Desy, Wahyu Hidayat dan Rizkha Ayu Apri Hapsari Gunawan, 2019, Promosi dan Informasi Pada Media Komunikasi Visual Berbentuk Majalah Coconut Island Carita Banten, Jurnal CICES Vol.2, No.2, Tangerang, Universitas Raharja.
[7] Prasetyo, Didit Nugroho, 2018, Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi untuk Museum Panji, Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), Vol.2 No.2, Malang, Universitas Ma Chung.
[8] Sunarya, Lusyani, Meliyana dan Titik Nofitasari, 2017, Desain Merchandise pada The Batu Hotel & Villas, Cogito Smart Journal, Vol.3 No.1, Tangerang, STMIK Raharja.
[9] Aris, Chris Syahnaz dan Siti Mariah Ulfa, 2017, Desain Merchandise Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi SD Islam Miftahul Huda, CCIT Journal Vol.3 No.2, Tangerang, STMIK Raharja.
[10] Sulaiman, Annas Marzuki dan Sugiyanto 2019, Optimalisasi Potensi Karya Mahasiswa Mata Kuliah Grafika DKV Melalui Galeri Online, Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS), Vol.4 No.1, Malang, Universitas Negeri Malang.