Video Animasi Sebagai Media Penunjang Informasi Tentang Metode Pembelajaran Pada Universitas Raharja

Main Article Content

Muhamad Puad Abdul Baqi Abdul Hayat Fajar Rizki Akbar

Abstract

Metode pembelajaran merupakan Teknik yang dipakai oleh para pengajar dalam proses penyajian suatu materi pembelajaran yang sudah dirangkai dan direncanakan sebelumnya secara kasat mata agar maksud dari perancangan itu bisa digapai dan memperoleh hasil yang efektif. Universitas memerlukan metode pembelajaran yang baik guna menggapai maksud dari pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya di Universitas Raharja, yang merupakan salah satu pendidikan tinggi unggulan di Tangerang, dengan metode pembelajaran reguler, ilearning dan ilearning plus. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menyajikan informasi kepada calon mahasiswa tentang metode pembelajaran di universitas raharja. Metode penelitiannya yaitu: Pengumpulan Data, Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini adalah Media informasi berupa animasi tentang metode pembelajaran di Universitas Raharja.  Video ini diaplikasikan via sosial media offical youtube channel. Melalui media video animasi ini, diharapkan dapat menarik jumlah mahasiswa baru di Universitas Raharja dan dapat dikenal masyarakat luas.


Metode pembelajaran merupakan Teknik yang dipakai oleh para pengajar dalam proses penyajian suatu materi pembelajaran yang sudah dirangkai dan direncanakan sebelumnya secara kasat mata agar maksud dari perancangan itu bisa digapai dan memperoleh hasil yang efektif. Universitas memerlukan metode pembelajaran yang baik guna menggapai maksud dari pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya di Universitas Raharja, yang merupakan salah satu pendidikan tinggi unggulan di Tangerang, dengan metode pembelajaran reguler, ilearning dan ilearning plus. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menyajikan informasi kepada calon mahasiswa tentang metode pembelajaran di universitas raharja. Metode penelitiannya yaitu: Pengumpulan Data, Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini adalah Media informasi berupa animasi tentang metode pembelajaran di Universitas Raharja.  Video ini diaplikasikan via sosial media offical youtube channel. Melalui media video animasi ini, diharapkan dapat menarik jumlah mahasiswa baru di Universitas Raharja dan dapat dikenal masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baqi, M., Hayat, A., & Akbar, F. (2022). Video Animasi Sebagai Media Penunjang Informasi Tentang Metode Pembelajaran Pada Universitas Raharja. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 3(2), 240-251. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v3i2.2331
Section
Articles
Author Biographies

Muhamad Puad Abdul Baqi, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Abdul Hayat, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Komputerisasi Akuntansi Universitas Raharja

Fajar Rizki Akbar, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Prasetyo, Petrus Bayu dan Natalina Premastuti Brataningrum, 2022, Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-Learning, Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan, Dan Peran Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, ISSN: 1978-8770, Online ISSN: 2829-6117, Vol. 15, No. 2: 16.

[2] Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma, 2019, Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube, Bali: Institut Desain dan Bisnis Bali, Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Teknologi Bisnis (SENADA), ISSN: 2655-4313, Online ISSN: 2655-2329, Vol. 2: 262.

[3] Rahiem, Maila D.H dan Amelia Novi, 2022, Home Visit Sebagai Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19, Serang: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, As-Sibyan (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2541-5549, Online ISSN: 2685-1326 Vol. 7, No. 1: 87.

[4] Riyadi, Slamet dan Nur Adilah, 2022, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Ekasakti Padang Dengan Metode Pembelajaran Demonstration Berbasis Discussion Process, Nias Selatan: PT Marosk Zada Cemerlang, EDUCATIVO -Jurnal Pendidikan, ISSN: 2829-8004, Online ISSN: 2829-6222, Vol. 1, No. 1: 92.

[5] Cahyaningrum, Nadila Eka Okta, Zainul Abidin dan Agus Wedi, 2022, Pengembangan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Stad Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP, Malang: Universitas Negeri Malang, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), Online ISSN: 2615-8787, Vol. 5, No. 2: 187.

[6] Zakirman, Chichi Rahayu dan Wienda Gusta, 2022, E-Animation Media to Improve the Understanding of Elementary School Science Learning, Bangkinang: University of Pahlawan Tuanku Tambusai, Jurnal Basicedu – Journal of Elementary Education, ISSN: 2580-3735, Online ISSN: 2580-1147, Vol. 6, No. 3: 3411

[7] Umar, Azhari. Inayah Hanum dan Trisnawati Hutagalung, 2022, Development of Animation-Based Learning Media in Children's Literature Teaching Course in Unimed, Indonesia, International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), ISSN: 1308-5581, Vol. 14, No. 3: 840.

[8] Bulkani, M. Fatchurahman, Harirayanto Adella dan M. Andi Setiawan, 2022, Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools, International Journal of Instruction (IJI), ISSN: 1694-609X, Online ISSN: 1308-1470, Vol. 15, No. 1: 55.