Profile Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti: Pendidikan Berkelanjutan di Kabupaten Tangerang

Main Article Content

Karunia Suci Lestari Rizza Pratama Akhpa Syarif Yusuf Hasman

Abstract

Instansi menggunakan media sosial untuk memberikan informasi dan mempromosikan jasa atau produknya kepada masyarakat. Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti masih menggunakan sarana periklanan tradisional seperti media cetak brosur, spanduk, dan media sosial yaitu instagram, video berupa kesan  dari orang tua murid. Sehingga dibutuhkannya media video profil sebagai media informasi mereka untuk memasarkan variasi tahapan pendidikan mereka seperti: Play Group, Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Pandemi Covid juga berdampak pada penurunan jumlah siswa yang registrasi. Oleh karena itu, Sekolah Alam Mekar Bakti memerlukan strategi pemasaran  baru berupa video profil untuk digunakan sebagai penunjang promosi dan informasi mengenai sekolah tersebut. Metode penelitian penelitian ini mencakup pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media menggunakan Adobe After Effect CC 2015, Adobe Premiere CC 2015, Adobe Photoshop CC 2015 dan Konsep Produksi Media (KPM). Penelitian ini menghasilkan perancangan media video profil yang bertujuan untuk mengasistensi sekolah dalam pembuatan dan penyampaian promosi dan informasi yang informatif dan meningkatkan minat calon siswa baru. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah peminat dan pendaftaran di setiap tahun kedepan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, K. S., Pratama Akhpa, R., & Yusuf Hasman, S. (2023). Profile Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti: Pendidikan Berkelanjutan di Kabupaten Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 5(1), 77-92. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v5i1.2979
Section
Articles
Author Biographies

Karunia Suci Lestari, Universitas Raharja

Staff MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Rizza Pratama Akhpa, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Syarif Yusuf Hasman, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] M. A. Aulia and A. Putra, “Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Pada Celoe LMS Telkom University,” e-Proceeding of Management, vol. 8, no. 5, pp. 7230–7235, Oct. 2021
[2] R. H. S. Aji, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, pp. 395–402, May 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
[3] L. Sunarya, P. A. Sunarya, and M. Zaenudin, “Media Promosi Berbentuk Komik Digital Pada SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang,” MAVIB Journal, vol. 2, no. 2, pp. 167–176, Aug. 2021. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/mavib/article/view/1391
[4] A. S. M. Romli, “Digital Marketing: Dasar-Dasar Pemasaran Internet,” Seni Komunikasi. Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: https://senikomunikasi.com/digital-marketing-dasar-dasar-pemasaran-internet/6/
[5] A. S. M. Romli, “10 Alasan Mengapa Video Lebih Baik dari Format Media Lain,” Romeltea. Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: https://romeltea.com/10-alasan-mengapa-video-lebih-baik-dari-format-media-lain/
[6] G. Prasetyo and B. Muhdaliha, “Perancangan Identitas Visual (Logo) Untuk Mengangkat Nilai Brand Cv. Chirapool,” Jurnal Pantarei, vol. 3, no. 2, May 2019.
[7] R. Basuki, A. Fathoni, and M. M. Minarsih, “Pengembangan Kinerja Sumber Daya Manusia Di Honda Semarang Center Berdasarkan Analisis SWOT,” Semarang, 2018.
[8] D. Apriani, Rosdiana, and Asriyani, “Sarana Promosi Dan Informasi Sebagai Video Profile SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang,” CICES Journal, vol. 4, no. 2, pp. 201–208, Aug. 2018.
[9] A. Arinata, and T. Arie Setiawan, “Perancangan Video Infografis Animasi Interaktif Tentang Prosedur Pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia Berbasis Android.” JuTISI, vol. 3, no. 2, pp.365-375, Aug. 2017.
[10] K. R. Pattipawae, and A. Y.M Tumimomor (2019) “Perancangan Video Informasi Candi Kalasan,” Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, vol. 5, no. 2, pp.95-102 Feb 2020.
[11] N. A. Razak, “‘Visit Truly Asia Malaysia’: Analysing VMY 2020 Tourism Promotional Video,” International Journal of Business and Economy (IJBEC), vol. 2, no. 1, pp. 47–54, Mar. 2020, Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ijbec/article/view/8502
[12] H. K. Joy and M. R. Kounte, “An Overview of Traditional and Recent Trends in Video Processing,” in Proceedings of the 2nd International Conference on Smart Systems and Inventive Technology, ICCSIT 2019, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Nov. 2019, pp. 848–851. doi: 10.1109/ICSSIT46314.2019.8987896.
[13] A. E. Coates, C. A. Hardman, J. C. G. Halford, P. Christiansen, and E. J. Boyland, “‘It’s Just Addictive People That Make Addictive Videos’: Children’s Understanding of and Attitudes Towards Influencer Marketing of Food and Beverages by YouTube Video Bloggers,” Int J Environ Res Public Health, vol. 17, no. 2, Jan. 2020, doi: 10.3390/ijerph17020449.
[14] L. Sunarya, W. Hidayat, and E. Satria Winata, “Video Sosialisasi Sumur Resapan Berbasis Motion Graphic Pada Humas Pemerintahan Kota Tangerang,” SENSI, vol. 4, no. 2, pp. 168–179, Aug. 2018, Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/sensi/article/view/642
[15] K. S. Lestari, M. Arief, and M. H. Al Farabi, “Video Sinematografis Taman Tematik Sebagai Media Informasi Dan Promosi Disbudpar Kota Tangerang,” MAVIB Journal, vol. 4, no. 1, pp. 47–60, Aug. 2023, accessed: Jul. 12, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/mavib/article/view/2285

Most read articles by the same author(s)