Video Promosi Program Studi TI MAVIB Pada Universitas Raharja Tangerang

Main Article Content

Muhamad Puad Abdul Baqi Abizar Ghiffari Muhammad Rava Ria Wulandari

Abstract

Di era digital yang berkembang pesat, penggunaan berbagai media audio visual menjadi esensial dalam strategi promosi. Dalam rangka meningkatkan promosi dan menarik minat calon mahasiswa baru, Universitas Raharja menerapkan teknik animasi video untuk mengkomunikasikan metode dan media pembelajaran yang ditawarkan. Disini dipaparkan mengenai proses pengembangan video animasi promosi Universitas Raharja, mulai dari pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan penelitian literatur untuk memahami visi, misi, nilai, dan keunggulan Universitas Raharja. Penerapan Konsep Produksi Media (KPM) untuk menentukan target audiens, pesan yang ingin disampaikan, dan strategi komunikasi yang tepat.. Hingga perancangan media dengan merancang storyboard, naskah, dan visualisasi animasi yang menarik dan informatif. Dengan menggunakan Metodologi yang seperti observasi, wawancara, dan penelitian literatur serta menggunakan aplikasi Adobe After Effect pro CC 2019, Adobe Premiere pro CC 2019 dan Adobe Media Encoder CC 2019, Video animasi ini mampu menjadi alat promosi yang efektif dan menarik bagi calon mahasiswa baru dengan mendatangkan potensi potensi mahasiswa baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baqi, M. P., Ghiffari, A., Rava, M., & Wulandari, R. (2024). Video Promosi Program Studi TI MAVIB Pada Universitas Raharja Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 5(2), 268-280. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v5i2.3065
Section
Articles
Author Biographies

Muhamad Puad Abdul Baqi, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Abizar Ghiffari, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Muhammad Rava, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Ria Wulandari, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

References

[1] J. Fakhrurozi, Q. J. Adrian, A. Mulaynto, dan S. Samanik, “Pelatihan Penulisan Jurnalistik dan Naskah Video Bagi Siswa SMK Widya Yahya Gading Rejo ”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 5, hlm. 503-509, Okt 2022.
[2] RamadanA. and Anna Fatchiya, “Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk "Rendang Uninam"”, jor. sains. kom. peng. masy., vol. 5, no. 1, pp. 64-84, Apr. 2021.
[3] D. Indiyati, H. Khusnia, and S. Chotijah, “Optimalisasi Gerakan Sadar Wisata melalui Produksi Video Promosi Desa Wisata”, pengabdian, vol. 5, no. 2, pp. 603-609, May 2020.
[4] R. Jannah, B. G. Y. Putri, S. Samsudin, Y. A. Rahman, dan N. Nuriadi, “Promosi Dan Pemasaran Dalam Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango Kecamatan Janapria”, JPMPI, vol. 4, no. 1, Jan 2021.
[5] M. A. Hanindharputri and N. P. Budi Lestari, “PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESAIN MODE IDB BALI UNTUK KEGIATAN JAKARTA MUSLIM FASHION WEEK”, lenterawidya, vol. 3, no. 1, pp. 60-65, Dec. 2021.
[6] E. Ernawati dan E. Maulana, “Perancangan Video Promosi Wisata Roro Kuning di Kota Nganjuk”, DADJ, vol. 5, tidak. 1, hlm. 86–93, Agustus 2022
[7] NLY Hernawati, NW Nanadaryani, dan IGY Pratama, “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG”, selarasrupa, vol. 2, tidak. 1, hlm. 35-44, Mei 2021.
[8] N. Thasya and M. Astuti, “PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTER PURWAKARTA ISTIMEWA”, visualideas, vol. 1, tidak. 1, hlm. 16–23, Februari 2021.
[9] L. Sunarya, M. I. Septiani, dan A. Setiawan, “Media Video Sebagai Sarana Informasi Pada Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia”, TMJ, vol. 7, no. 1 Juni, hlm. 53–67, Feb 2022.
[10] W. Sari, N. Safitri, N. Prihartini, dan V. Wijaya, “PEMBUATAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI 'EKSPLORASI TRADISI ANTAR AJONG' DI KABUPATEN SAMBAS”, Progres, vol. 15, tidak. 2, hlm. 16-27, September 2023.
[11] D. Desrianti, M.and S. Ayuningsih, “Video Sebagai Media Promosi Taman Santap Rumah Kayu Serpong Kota Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 1-11, Feb. 2023.
[12] A. Martono, N. Harits, and I. Choirunnisa, “Media Video Promosi D’Masiv Pada PT. Masif Satu Misi”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 88-100, Feb. 2023.
[13] J. A. Rikardo, and N. Arista, “Media Video Promosi Desa Markisa Sebagai Pendukung Informasi Pada Disbudpar Kota Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 3, no. 2, pp. 181-191, Aug. 2022.
[14] K. Lestari, P. Ningsih, and M. Febrianto, “Video Profile Sebagai Sarana Promosi Pada Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 3, no. 2, pp. 217-229, Aug. 2022.
[15] P. A. Sunarya, A. K. Wardana, and M. Septiani, “Perancangan Video Iklan Pada PT. Tinusia Travelindo (Traveloka)”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 103-112, Jan. 2021.