Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Promosi Wilayah KIM Urang Baraya

Main Article Content

Dewi Immaniar Desrianti Muhamad Iip Suhaepi Fiqri Ramadhoni Muhamad Ridwan

Abstract

KIM Urang Baraya menghadapi tantangan dalam melakukan promosi kepada masyarakat di tengah perkembangan teknologi informasi. Meskipun mereka menggunakan Instagram sebagai saluran komunikasi, namun belum begitu efektif dalam melakukan promosi tentang profil dan kegiatan KIM Urang Baraya. Kajian ini menyoroti permasalahan tersebut dan berupaya memberikan solusi dengan idea desain, ilustrasi, gambar, dan foto, dikombinasikan dengan layout dan foto, dapat meningkatkan minat masyarakat. Metode dari penelitian ini terdiri: analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media dan ide desain. Sosial media Instagram KIM Urang Baraya mempromosikan tentang: profil, manfaat, program kerja, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan relasi, dirancang menggunakan Adobe Photoshop CS 6. Kami berharap social media Instagram dapat diakses oleh semua Masyarakat Kota Tangerang. Melalui social media Instagram ini dapat membantu KIM Urang Baraya, dalam melakukan promosi secara lebih lengkap, menarik, up to date, dikenal dan berguna bagi penduduk Kota Tangerang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Immaniar Desrianti, D., Suhaepi, M., Ramadhoni, F., & Ridwan, M. (2025). Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Promosi Wilayah KIM Urang Baraya. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(1), 47-58. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v6i1.3222
Section
Articles
Author Biographies

Dewi Immaniar Desrianti, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Muhamad Iip Suhaepi, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Fiqri Ramadhoni, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Muhamad Ridwan, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] KIM Kota Tangerang, "Tentang KIM," Tentang, [Online]. Tersedia: https://rumahkim.tangerangkota.go.id/frontend/tentang. [Diakses: 7 Juni 2024]. (Website)
[2] S. Arief, “PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT. DARMA SUKSES MOTOR MAJENE,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2022.
[3] R. Armanto and M. Gunarto, “Analisis dampak media sosial terhadap penjualan perumahan: Studi empiris penggunaan iklan Facebook dan Instagram,” J. Bisnis, Manajemen, Dan Ekon., vol. 3, no. 1, pp. 45–55, 2022.
[4] https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022
[5] D. Nitami, K. Imtihan, M. T. A. Zaen, and H. Fahmi, “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Media Sosial Menggunakan Adobe Photoshop Pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Di Bagian Perencanaan,” JPEMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 162–167, 2023.
[6] B. Sinaga, P. M. Hasugian, J. Manurung, and N. M. B. Tarigan, “Pelatihan E-Promosi Kampus,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 17–23, 2021.
[7] D. Desrianti, M. ., and S. Ayuningsih, “Video Sebagai Media Promosi Taman Santap Rumah Kayu Serpong Kota Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 1-11, Feb. 2023.
[8] L. Sunarya, K. M. Ariyanto, and N. Yuliyanti, “Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 13-26, Aug. 2020.
[9] W. Hidayat, R. Pradana, and Z. Widiyani, “Video Promosi Animasi Pada PT. Visindo Dwi Warna”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 79-92, Oct. 2020.
[10] A. Martono, N. Harits, and I. Choirunnisa, “Media Video Promosi D’Masiv Pada PT. Masif Satu Misi”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 88-100, Feb. 2023.
[11] J. ., A. Rikardo, and N. Arista, “Media Video Promosi Desa Markisa Sebagai Pendukung Informasi Pada Disbudpar Kota Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 3, no. 2, pp. 181-191, Aug. 2022.
[12] D. S. Donoriyanto, R. Indiyanto, N. R. J. AR, and Y. A. Syamsiah, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X,” J. Abdimas Perad., vol. 4, no. 1, pp. 42–50, 2023.
[13] R. F. Putri and I. F. Latiep, “Penggunaan Video Konten Dalam Memperkuat Promosi Produk,” J. Career Dev., vol. 1, no. 2, 2023.
[14] R. Setyowati and A. N. Rohmah, “Peningkatan promosi melalui fotografi produk dengan smartphone pada bukuan fried chicken (bfc),” J. Pengabdi. Masy. Akad., vol. 1, no. 3, pp. 75–82, 2022.
[15] A. Kurniawati and N. Ariyani, “Strategi promosi penjualan pada marketplace shopee,” Propaganda, vol. 2, no. 1, pp. 65–79, 2022.
[16] D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi,” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019.