Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ‘Buanglah Sampah Pada Tempatnya’ Karya Mahasiswa Universitas Raharja
Main Article Content
Abstract
Pada dasarnya periklanan adalah sebuah lembaga nirlaba yang tujuannya untuk menginformasikan kepada publik atau kepentingan umum. Iklan layanan masyarakat sendiri selalu berkembang seiring dengan peradaban masyarakat. Banyak iklan layanan masyarakat tentang kebersihan, yang muncul di papan peringatan atau nantinya akan disiarkan di televisi atau di jejaring internet. Namun, masih banyak orang yang tidak memperdulikan hal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini membutuhkan kesadaran masyarakat yang tinggi. Komunikasi visual yang kuat tidak hanya dalam iklan, tetapi juga dalam strategi menciptakan atau menyampaikan pesan dalam iklan, yang dianggap bahasa, sehingga visualisasi iklan melibatkan struktur tekstual yang bermakna. Tujuan dari pembuatan iklan layanan masyarakat ini adalah untuk mengabdi dan juga merancang sebuah video kreatif yang dibuat oleh Komunitas MAVIB. Metode penelitiannya yaitu pengumpulan data, perancangan media dengan Adobe photoshop CC 2020, Adobe After Effect CC 2020 dan Adobe Premiere CC 2020, dan Konsep Produksi Media yaitu pre production, production dan post production. Hasilnya video tersebut akan diposting di YouTube, dengan harapan dapat memastikan bahwa pesan yang disampaikan melalui berbagai media dapat melibatkan massa. Kesimpulannya iklan layanan masyarakat dapat menjelaskan penyampaian dan memberikan informasi yang ingin disampaikan untuk audiens dan berpartisipasi dalam mencegah dampak negatif sampah dan peduli terhadap lingkungan mereka.
Downloads
Article Details
References
[2] J. Ditanti and D. A. Nisa, “Storyboard Dalam Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ‘Hindari Self-Diagnosis! Yuk, Konsultasikan Kondisimu,’” J. Nawala Vis., vol. 5, no. 1, pp. 52–57, 2023.
[3] M. Rustang, “ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) TENTANG PANDEMI COVID-19 di YOUTUBE,” J. Appl. Linguist. Lit., vol. 1, no. 1, pp. 55–66, 2023.
[4] R. Savitri and E. Rahmawati, “ANALISIS MAKNA DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA AKUN TIKTOK@ DRRICHARDLEE.” UIN Surakarta, 2023.
[5] J. F. Putri, “STRATEGI KREATIF PERANCANGAN IKLAN MEDIA LUAR RUANG PADA PT. BULISU PROPERTI CENDEKIA TAHUN 2022.” Universitas Nasional, 2023.
[6] M. Munawwaroh, M. K. Amirullah, M. A. U. Alfani, and N. Sa’idah, “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual terhadap Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 286–290, 2024.
[7] W. R. Janati, A. Rahayu, and D. Wijayanti, “Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Indones. J. Learn. Educ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 10–19, 2023.
[8] A. B. Nettana, D. Rumahlatu, and M. Talakua, “Uji Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Google Classroom,” Sist. J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 56–65, 2023.
[9] A. Arisa and L. Latifah, “Pencegahan Perilaku Seksual Pada Remaja Di Banjarmasin Melalui Self Efficaccy Media Audio Visual,” JIKES J. Ilmu Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 279–287, 2023.
[10] L. Sugiyanti, A. Arwani, R. S. Dewi, and M. D. Fadhillah, “Strategi Pemasaran Melalui Pemasangan Iklan Di Media Sosial,” Masarin, vol. 2, no. 1, pp. 215–225, 2023.
[11] M. S. D. Muliawan and R. A. Swari, “Strategi Pemanfaatan Bahasa Iklan untuk Memperkuat Citra Angklung River Camp dalam Pemasaran Online,” J. Abdidas, vol. 4, no. 5, pp. 378–382, 2023.
[12] N. Hamidah, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Audiovisual,” Strateg. J. Inov. Strateg. dan Model Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 19–22, 2023.
[13] B. Suryantoro, “ANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT,” Cons. Educ. Couns. J., vol. 3, no. 2, pp. 114–121, 2023.
[14] M. Faisal and M. Aji Kurnia Putra, “Perancangan Konten Sosial Media Menggunakan Desain Grafis Pada PT. Anggana Catur Prima,” MAVIB J. J. Multimed. Audio Vis. Broadcast., vol. 4, no. 2, pp. 198–209, 2023.
[15] M. Budiarto, D. I. Desrianti, and R. Cahyani, “Desain Komunikasi Visual Sign system Sebagai Sarana Penunjang Informasi Pada Universitas Raharja,” MAVIB J. J. Multimed. Audio Vis. Broadcast., vol. 2, no. 2, pp. 237–249, 2021.
[16] K. S. Lestari, C. Febiola, and M. ’Atho’ Annafi, “Media Komunikasi Visual Sebagai Infografis Di Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 2, pp. 177-186, Jul. 2021.