Media Majalah Sekolah Berbasis Digital Sebagai Sarana Informasi Pada SMK Negeri 7
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media sosial dan majalah sekolah berbasis digital adalah inovasi positif dalam pendidikan Indonesia, yang memberikan manfaat signifikan dalam penyampaian informasi, promosi, dan interaksi dengan siswa, orang tua, dan masyarakat. Majalah digital memudahkan akses konten dimanapun selama terhubung dengan internet. Media informasi sekolah saat ini, seperti mading, brosur, spanduk, website, dan media sosial, sangatlah sederhana dan tidak up-to-date, serta dianggap tidak cukup untuk memberikan informasi yang mendalam tentang profil sekolah, program studi, fasilitas, prestasi, kegiatan ekstrakurikuler, dan lainnya. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk membantu SMK Negeri 7 Kota Tangerang menyampaikan informasi yang lengkap, up-to-date, dan menarik mengenai profil, program, keunggulan, fasilitas, kegiatan, dan prestasi sekolah, akan dibuat majalah sekolah berbasis digital dengan desain visual yang cerah. Dengan menggunakan beberapa metode penelitian seperti Metode Pengumpulan Data yang mencakup observasi, wawancara, studi Pustaka, metode analisis PIECES, perancangan media, metode konsep desain dan sistematika penulisan. Sehingga membantu SMK Negeri 7 Kota Tangerang untuk memperbarui informasi, meningkatkan komunikasi dengan orang tua, dan menarik minat siswa baru.
Downloads
Article Details
References
[2] Rohmah. Anisatur, Henry Januar Saputra dan Ikha Listyarini, "Pengembangan E-Magazine Berbasis Android dalam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar.” Yogyakar-ta: Universitas PGRI Yogyakarta. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran ke-SD-an. e-ISSN: 2502-4264. Vol.7, No. 2: 290-296. 2020.
[3] Valentina, Anny dan Ruby. Chrissandy. “Peningkatan Tata Kelola Majalah Sekolah SMAK IPEKA Tomang”. Jakarta: Universitas Tarumanegara. Prosiding SENAPENMAS. EISSN: 2808-3199: 824, 823-830. 2021.
[4] Dopandes, Mario. Banung. Grahita dan Riama. Maslan. Sihombing. “Preferensi dan User Experience Pembaca Terhadap Aplikasi Majalah Digital “Flipboard, Kindle, dan Gramedia Digital”. Bandung: Telkom University. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan. ISSN 2477-6106. Vol. 06 No. 02: 366-369. 2021.
[5] Sidik. Mohammad. ”Meningkatkan Minat dan Efektivitas Layanan Informasi Bimbingan Konseling Melalui Majalah Sekolah Digital”. Semarang: Lembaga Kon-sultan Penelitian Pendidikan “Didaktikum”. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). ISSN: 2477-3921. Vol. 6, No. 1: 1-8. 2021.
[6] Kurniawan, Rahmat dan Saiful.Yahya. "Perancangan Majalah Digital Candi-Candi Di Malang Raya Berbasis Infografis". Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Desain. p-ISSN: 2339-0107, e-ISSN: 2339-0115. Vol.7, No.2 : 158-160. 2020.
[7] V.. Korang, “APPRENTICESHIP SKILLS DEVELOPMENT WITHIN THE INFOR-MAL SECTOR OF THE GHANAIAN ECONOMY: THE CASE OF SUNYANI MAGAZINE”, UDSIJD, vol. 8, no. 1, pp. 559–572, Nov. 2021.
[8] Yan. Zhao, and Yuemeng. Luo. “Autonomous Learning Mode based on a Four-Element Teaching Design for Visual Communication Course”. Germany: Interna-tional Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET). ISSN : 1863-0383 . Vol.15, No. 19: 66-82. 2020.
[9] Sagayam. K, Martin, Alex. J, Timothy, Chiung. Ching. Ho, Lawrence. Edward. Henesey, and Robert. Bestak. “Augmented Reality-Based Solar System For E-Magazine With 3-D Audio Effect.” Switzerland: Inderscience Enterprises Limited. International Journal of Simulation and Process Modelling. E-ISSN: 1740-2131. Vol.15, No. 6: pp 524-534. 2020.
[10] Llorca, Jesús. Peris. “Festive literature in Catalan as a space of cultural resistance: The Valencian magazine Pensat i Fet (1912–72) during the Spanish post-war peri-od.” United Kingdom: Intellect. International Journal of Iberian Studies. E-ISSN: 1758-9150. Vol. 34, No. 2: 113-132. 2021.
[11] Lauren. E, Wiznia. MD, Jenny. Wang. MD, Alexa. B, Steuer. MD, and Nada. El-buluk. MD. "Direct-To-Consumer Dermatology-Related Advertising Differs in Mag-azines Targeted to Women of Color: A Cross-Sectional Analysis of Top- Circulating Consumer Magazines". Elsevier Inc. on behalf of Women’s Dermatologic Society In-ternational Journal of Women’s Dermatology. E-ISSN: 2352-6475. Vol.7, No.2: 191-194. 2021.
[12] Prayuda, R. Z. “Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Pada Era Digital: A Mini Review Article”. International Journal of Social, Policy and Law, 3(1), 13-18. 2022.
[13] L. Sunarya, Z. Cholishoh, and S. Khatami, “Media Katalog Produk Digital Pada PT. Tunas Toyota Cipondoh Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 12-23, Feb. 2023.
[14] A. Putra, A. Tama, and H. Simbolon, “Analisa Logo, Proses Kreatif Dan Pengaruh Filosofi Pada Penerapan Konsep Logo”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 1, no. 1, pp. 11-22, Feb. 2020.
[15] Hutagalung, V. Kristina. "TINJAUAN DESAIN LAYOUT DI RESTAURANT KOPI MEDAN PADA PARDEDE INTERNATIONAL HOTEL MEDAN." SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi 3, no. 2 29-33. 2023.