Video Company Profile Sebagai Media Informasi Pada DISINDAGKOPUKM Kota Tangerang
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang menghadapi tantangan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Meskipun sudah tersedia saluran komunikasi berupa Website dan Instagram, tetap terjadi kesenjangan penyampaian informasi. Permasalahan tersebut menjadi fokus utama dan berupaya mencarikan solusi melalui konsep video profil sebagai media penyampaian informasi. Melalui wawancara dengan Siti Farhatus Saadah, S. Kom, selaku Pranata Komputer Ahli Pertama, ia menyimpulkan penggunaan media video merupakan langkah yang efektif. Diharapkan video profil dapat akses oleh Masyarakat Kota Tangerang dan dapat diakses melalui platform Youtube dan Instagram. Metode penelitian yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, Konsep Produksi Media, dan Softwarte Adobe Premiere pro CC 2020 dan Adobe Photoshop CC 2020 sebagai perancangan media. Dalam penyebaran informasi menggunakan Video Company Profile secara lebih lengkap, menarik, dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang.
Downloads
Article Details
References
[2] M. Maydianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop.” Prodi Sistem Informasi, 2021.
[3] O. Selsa, “PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN MEDIA PROMOSI DI PT. METRO MESIN MENDUNIA,” ISI Denpasar, 2024.
[4] L. Sunarya, S. Ashari, A. Dillah, and D. Rifai, “Media Video Sebagai Sarana Informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pada Diskominfo Kota Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 2, pp. 201-215, Aug. 2024.
[5] F. T. Utami and M. Zanah, “Youtube sebagai sumber informasi bagi peserta didik di masa pandemi covid-19,” J. Sinestesia, vol. 11, no. 1, pp. 78–84, 2021.
[6] A. Triaputri and P. Muljono, “Efektivitas Akun Instagram@ Infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabau,” J. Sains Komun. Dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 6, no. 4, pp. 467–479, 2022.
[7] M. A. Al Qadri, “Analisis Pengelolaan Instagram dalam Penyebaran Informasi Menggunakan Teori The Circular Model SOME,” Al-DYAS, vol. 2, no. 3, pp. 685–710, 2023.
[8] A. Muhammad, “Perancangan Media Publikasi Berbasis Instagram Sebagai Media Informasi Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar.” Politeknik Negeri Media Kreatif, 2023.
[9] M. Abdul Baqi, M. ., and M. Fadilla Rosmawati, “Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 118-128, Feb. 2024.
[10] T. H. Suryatman, M. E. Kosim, and G. E. Samudra, “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di PT. Panarub Industry,” J. Ind. Manuf., vol. 6, no. 1, pp. 43–56, 2021.
[11] M. S. Zaini and J. Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 2, pp. 349–361, 2021.
[12] J. L. Putra, E. Fitri, M. Raharjo, and W. E. Pangesti, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Adobe Illustrator Pada Panti Asuhan Adinda Cengkareng,” Al-Ijtimā J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 138–150, 2023.
[13] A. Prastomo, “Implementasi Sistem Ujian Online Berbasis Android: Studi Kasus Smp Yamad Bekasi,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 3, pp. 265–272, 2020.