Penerapan 3D Modelling Untuk Membuat Produk Kitchen Set Pada CV. Pacific Alumunium
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan oleh banyak pihak terutama instansi pada bidang retail. Teknologi yang dimaksud adalah membantu dalam memudahkan pekerjaan manusia salah satunya adalah menerapkan suatu produk dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, agar produk yang dibuat dapat dimengerti atau sesuai dengan keinginan customer. Teknologi ini dapat memberikan visualisasi dan perancangan produk dengan lebih efektif. CV Pacific Alumunium merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan produk untuk keperluan rumah tangga maupun perkantoran. Dalam memanfaatkan kemajuan teknologi CV Pacific Alumunium menggunakan teknologi tersebut dalam mempresentasikan produk yang akan dibuat kepada customer. Kemajuan teknologi yang dimaksud adalah memanfaatkan sebuah tools atau software 3DS Max dalam mempresentasikan produk yang akan dibuat dalam bentuk 3D. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran berupa ilustrasi atau visualisasi produk yang akan dibuat.
Downloads
Article Details
References
[2] "Desain Interior, Menjawab Tantangan di Era Digital," Binus University, Maret 2019. [Online]. Available: https://binus.ac.id/bandung/2019/03/desain-interior-menjawab-tantangan-di-era-digital/. [Accessed 23 Agustus 2024].
[3] M. Sugianto, Seri Belajar Cepat: Desain Interior Modern dengan 3DS Max, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.
[4] N. Subarkah, "Penerapan Aspek 3D Modeling Dalam Berbagai Bidang Modern," Gamelab, 21 Desember 2020. [Online]. Available: https://www.gamelab.id/news/349-penerapan-aspek-3d-modeling-dalam-berbagai-bidang-modern.. [Accessed 20 Desember 2024].
[5] H. Isdianti, "Mengenal Customer: Penjelasan, Jenis & Karakteristiknya," Barantum, 19 Maret 2024. [Online]. Available: https://www.barantum.com/blog/customer-adalah/. [Accessed 21 Agustus 2024].
[6] M. Faisal, W. S. Utami and R. Supriati, "Perancangan Desain 3D ModellingSebagai Media Ilustrasi Pada CV. Pacific Alumunium," MAVIB, vol. 3, no. 1, pp. 53-62, 2022.
[7] "Autodesk 3ds Max," Institut Teknologi & Bisnis PalComTech, 4 Desember 2023. [Online]. Available: https://palcomtech.ac.id/autodesk-3ds-max/. [Accessed 21 Agustus 2024].
[8] R. A. Faruq and I. , "Pengembangan Modul Pembelajaran 3D Modeling Desain Interior Berbasis SketchUp Kelas XII Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan," JEPTS (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Sipil), vol. 12, no. 1, pp. 24-31, 2024.
[9] I. Ramdhani and H. , "Perancangan Interior Dapur Perumahaan Citraland Bagyacity Medan," Proporsi, vol. 6, no. 2, pp. 200-209, 2021.
[10] H. B. Alexander, "6 Panduan Mendesain Dapur," KOMPAS.com, 28 September 2019. [Online]. Available: https://properti.kompas.com/read/2019/09/28/080000721/6-panduan-mendesain-dapur?page=all. [Accessed 20 Agustus 2024].
[11] M. Faisal, S. and W. S. Utami, "Pemanfaatan Software3DS Max Untuk Visualisasi dan IllustrasiProduk Pada CV. Pacific Alumunium," MAVIB, vol. 5, no. 1, pp. 66-76, 2024.
[12] N. A. Ardiningsih, A. M. Elhanafi and M. T. Batubara, "Perancangan Animasi 3d Kisah Perjalanan Isra’ Mi’raj Menggunakan Software 3ds Max Sebagai Media Pengenalan Kepada Anak Usia Dini," JIRSI, vol. 2, no. 1, pp. 201-213, 2023.
[13] M. "Fungsi Vray pada Interior yang Harus Anda Pahami," 2024. [Online]. Available: https://flashcomindonesia.com/fungsi-vray-pada-interior.html. [Accessed 21 Desember 2024].
[14] S. E. Subitmele, "Proses Menggambar yang Paling Awal Adalah Sketsa, Kenali Jenis, Kegunaan dan Tipsnya," Liputan6, 28 April 2023. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/hot/read/5272150/proses-menggambar-yang-paling-awal-adalah-sketsa-kenali-jenis-kegunaan-dan-tipsnya?page=2. [Accessed 21 Agustus 2024].
[15] "KAJIAN PERAN SKETSA DALAM PROSES KREATIF DAN PENDIDIKAN DESAIN (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital)," Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, vol. 10, no. 2, pp. 86-97, 2022.
[16] B. Setiawan, A. Djirong and J. , "KARAKTERISTIK KARYA SKETSA KOMUNITAS INDONESIA SKETCH MAKASSAR (ISM)," Imajinasi, vol. 4, no. 2, pp. 21-30, 2020.
[17] I. Ismurdyahwati, "Drawing, Representasi Ruang Batin," Jurnal Dekonstruksi, vol. 9, no. 2, pp. 80-85, 2023.
[18] D. Sumarni, R. Triyanto, S. and D. Budiwiwaramulja, "KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGGAMBAR SKETSA DAN MENGGAMBAR PERSPEKTIF DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 MEDAN," Gorga : Jurnal Seni Rupa, vol. 9, no. 1, pp. 27-31, 2020.
[19] M. Nurcahyo, "KAJIAN PERAN SKETSA DALAM PROSES KREATIF DAN PENDIDIKAN DESAIN," Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, vol. 10, no. 2, pp. 86-97, 2022.
[20] B. Setiawan, A. Djirong and J. , "KARAKTERISTIK KARYA SKETSA KOMUNITAS INDONESIA SKETCH MAKASSAR (ISM)," Jurnal Imajinasi, vol. 4, no. 2, pp. 21-30, 2020.
[21] I. Ismurdyahwati, "Drawing, Representasi Ruang Batin," Jurnal Dekonstruksi, vol. 9, no. 2, pp. 80-85, 2023.
[22] D. Sumarni, R. Triyanto, S. and D. Budiwiwaramulja, "KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGGAMBAR SKETSA DAN MENGGAMBAR PERSPEKTIF DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBARBENTUK PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 MEDAN," Gorga : Jurnal Seni Rupa, vol. 9, no. 1, pp. 27-31, 2020.