Perancangan Video Safety Induction Pada PT. GMF Aeroasia Tbk Sebagai Media Informasi Keselamatan Kerja

Main Article Content

Dewi Immaniar Desrianti Ahmad Zainudin M. N Wendy Andriyan

Abstract

Perancangan komunikasi audio visual memiliki peran sangat penting dalam era revolusi industri 4.0 saat ini yang di dalamnya terdapat informasi dari suatu sumber yang nantinya akan digunakan untuk menginformasikan kepada satu penerima atau lebih dengan cara memvisualisasikan dan menjelaskan isi informasi kepada si penerima informasi dalam bentuk video. Dibanding dengan media informasi berbentuk media cetak, perancangan komunikasi audio visual memiliki tingkat efektifitas yang lebih baik dalam memberikan informasi, karena akan memberikan gambaran langsung mengenai informasi yang ingin disampaikan. PT GMF AeroAsia Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Maintenance, Repair, and Overhaul yang akan dihadapkan langsung dengan mesin-mesin pesawat. Menurut Analisa permasalahan yang terjadi, PT GMF AeroAsia Tbk perlu adanya media informasi mengenai keselamatan kerja yang menggambarkan suasana kerja secara langsung yang nantinya akan digunakan untuk pelengkap media penunjang informasi dan sebagai pembaharuan data yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memelihara pegawai yang bekerja di PT GMF AeroAsia Tbk sebagai bentuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Desrianti, D. I., Zainudin M. N, A., & Andriyan, W. (2020). Perancangan Video Safety Induction Pada PT. GMF Aeroasia Tbk Sebagai Media Informasi Keselamatan Kerja. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 1(1), 90-104. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v1i1.823
Section
Articles
Author Biographies

Dewi Immaniar Desrianti, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Ahmad Zainudin M. N, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja; Staff KOMINFO Kota Tangerang

Wendy Andriyan, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

1. Syahida, Andiko dan Gredi Gradana. (2016). "Perancangan Media Informasi Petunjuk Keselamatan Kerja". Jurnal eProceedings of Art & Design.

2. Mulyana, Ardi. (2016). "Perancangan Video Sosialisasi Perbaikan Jalan Kota Gerakan Sehari Tuntas (Perjaka Gesit) Pada Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kota Tangerang". Skripsi Universitas Raharja Fakultas Sains dan Teknologi.

3. Sunarya, Lusyani. dkk. (2016). "Design Video Profile Based Multimedia Audio Visual and Broadcasting as a Media Promotion". CCIT Jurnal.

4. Taher, Tasman H. (2016). “Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Telekomunikasi “. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

5. Chakim, Luqman. (2017). “Peran Media Powerpoint Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (C3) Kelas X TGB SMK Negeri 3 Surabaya”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.

6. Listyandoko, Fergiawan Resnu. (2017). “Gambaran Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Di PT. Pura Barutama Unit Offset Kudus”. Prosiding HEFA.

7. Fuadi, Yan. (2018). “Analisis Keefektivan Induksi Keselamatan Dengan Metode Konvensional Di PT Bhumi Phala Perkasa Balikpapan”. Jurnal Ilmiah Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup 2018.