Pedoman Penulisan
Checklist Persiapan Pengiriman Artikel
Sebagai bagian dari proses penyerahan, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan kiriman mereka terhadap semua item berikut, dan kiriman dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.
- Naskah merupakan hasil penelitian yang telah diformat sesuai dengan pola penulisan artikel jurnal ilmiah.
- Naskah merupakan karya asli (bukan plagiarisasi) dan belum pernah dimuat dalam majalah ilmiah cetak atau majalah ilmiah elektronik lainnya.
- Naskah dikirim ke Journal SENSI Pengiriman Online
- Naskah yang dikirimkan ke Editor Journal SENSI adalah naskah file dalam format dokumen Microsoft Word, OpenOffice, atau RTF (Rich Text File).
- Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang telah sesuai dengan ketentuan Redaksi Journal SENSI.
- Bersedia melalui tahap blind review.
Petunjuk Penulisan
Jenis Tulisan
Tulisan dapat berupa laporan penelitian atau karya ilmiah, bukan hasil penelitian laporan studi kasus atau studi kepustakaan yang komprehensif. Penulisan ilmiah/penelitian dapat menghasilkan: a). Pembangunan, b). Penemuan, c). Bukti.
Laporan penelitian minimal harus memuat bagian abstrak, pendahuluan (latar belakang tujuan, hipotesis, konsep kunci), metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan pustaka.
Karya ilmiah sebagai pengganti penelitian paling sedikit memuat bagian abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan pustaka.
Efektivitas Judul Artikel
Judul artikel dalam terbitan berkala ilmiah harus mencerminkan inti isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari keluasan penulisan dan keinformatifannya. Apabila tulisan dalam bahasa non-Inggris, hendaknya disertai dengan terjemahan judul dalam bahasa Inggris.
Pencantuman Nama Penulis dan Institusi Penulis
Penetapan dan penetapan pencantuman jalur kredit (by line) yang mencantumkan nama penulis (harus tanpa gelar akademik atau indikasi jabatan dan pangkat) sebagai pemilik kepenulisan, alamat lembaga tempat penelitian dilakukan. kegiatan dilakukan (nama institusi, alamat dan kode pos, nama negara) sebagai pemegang kepemilikan tulisan, dan penulis surat menyurat (telepon, fax, alamat e-mail) secara jelas dan sesuai prinsip. Pencantuman nama penulis dan institusi penulis harus lengkap dan konsisten.
Bahasa
Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah ragam ilmiah bahasa.
Panjang Penulisan
Panjang penulisan 10-15 halaman A4 spasi tunggal dilengkapi tabel dan gambar serta lampiran, dengan jenis huruf Times New Roman font 12.
Abstrak
Panjang abstrak maksimal 250 kata, dalam satu paragraf, dilengkapi kata kunci di akhir abstrak. Abstrak memuat latar belakang, metodologi, hasil dan kesimpulan. Abstrak tidak bersifat matematis, tidak mengandung saran dan harapan, tidak ada kutipan. Kata kunci merupakan kata-kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasi isi suatu dokumen dapat berupa metode atau alat yang digunakan, variabel yang diteliti atau substansi penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Kata kunci
Kata kunci yang berfungsi karena dipilih secara cermat sehingga mencerminkan konsep yang terdapat pada artikel terkait adalah kelengkapan artikel ilmiah modern untuk membantu meningkatkan kemudahan akses artikel dimaksud di mesin pencari.
Pemanfaatan Instrumen Pendukung
Penulisan artikel dirancang dengan menggunakan segala sarana pelengkap seperti (ilustrasi foto, tabel dan grafik) untuk mendukung pemaparan deskriptif. Untuk gambar Foto, tabel dan grafik harus diberi nomor dan judul lengkap serta wajib dicantumkan dalam teks. Gambar dan tabel dalam format hitam putih..
Persamaan
Persamaan matematika diberi nomor dalam tanda kurung siku (x) dengan penulisan rata kanan.
Cara Menggunakan dan Mengutip
Setiap makalah wajib mengutip sumber pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah nasional dan internasional. Konteks terbitan berkala ilmiah yang meliputi sistem referensi perpustakaan (nama tahun, urutan nomor, catatan kaki, catatan akhir) dan metode pengutipan harus dijaga standar dan konsistensi penggunaannya. Dalam Bab ditulis dalam tanda kurung siku sesuai urutan penulisannya [1]. Membaca kalimat mengikuti tanda kurung [1]. Cukup mengacu pada nomor penulisan seperti pada [1]- jangan gunakan "quote. [1]" atau "quotation [1]" kecuali di awal kalimat "quote [1] is..." Sistem dan cara pemberian tip sebaiknya menggunakan aplikasi penawaran standar agar konsistensi dan aksesibilitas lebih terjaga.
Daftar Perpustakaan
Penyusunan daftar pustaka yang mengikuti teknik penulisan daftar pustaka Referensi IEEE. Untuk menjaga konsistensi dalam cara perpustakaan digunakan, menyerap dan menulis perpustakaan, ada baiknya menggunakan aplikasi untuk mengelola perpustakaan dan perpustakaan tersebut, misalnya aplikasi gratis (misalnya Mendeley, RefWorks, Zotero) atau aplikasi berbayar (misalnya Catatan Akhir, Manajer Referensi).
[English]
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The manuscript is the result of research that has been formatted in accordance with the pattern of writing scientific journal articles.
- Manuscripts are original works (not plagiarization) and have never been published in printed scientific periodicals or other electronic scientific periodicals.
- The manuscript was sent to the Journal SENSI Online Submission
- A script submitted to the Journal SENSI Editor is a file script in Microsoft Word, OpenOffice, or RTF (Rich Text File) document format.
- The submitted manuscript is a manuscript that has been in accordance with the provisions of the Journal SENSI Editor.
- Willing to go through the blind review stage.
Author Guidelines
Writing Instructions
Type of Writting
Writings can be in the form of research reports or scientific papers instead of research results of case study reports or comprehensive library studies. Scientific writing/ research can be the result: a). Development, b). Discovery, c). Proof.
- Research reports must contain at least abstract sections, introductions (background objectives, hypotheses, key concepts), methodologies, results and discussions, conclusions and libraries..
- Scientific papers instead of research should contain at least abstract sections, introductions, discussions, conclusions and libraries.
Effectiveness of Article Title
The title of the article in a scientific periodical must reflect the core of the written content, specific, and effective as measured by the breadth of its writing and its informativeness. If the writing is in non-English, it should be accompanied by a translation of the title in English.
Inclusion of Author Name and Author Institution
Establishment and establishment of the inclusion of a line of credit (by line) which includes the name of the author (must be without an academic degree or indication of position and rank) as the owner of authorship, the address of the institution where the research activities are carried out (institution name, address and zip code, state name) as the holder of ownership of the writing, and the author of correspondence (telephone, fax, e-mail address) clearly and on principle. The inclusion of the name of the author and the institution of the author must be complete and consistent..
Language
Indonesian or English with regard to the rules of scientific variety language.
Writing Length
Writing length 10-15 pages A4 single space includes tables and images as well as attachments, with the typeface Times New Roman font 12.
Abstract
The maximum abstract length of 250 words, in one paragraph, comes with the key words at the end of the abstract. Abstracts contain backgrounds, methodologies, results and conclusions. Abstracts are not mathematical, do not contain suggestions and expectations, no quotations. Keywords are important words used to identify the contents of a document can be a method or tool used, a variable researched or the substance of research. Abstracts are written in Indonesian and English.
Keywords
Keywords that function because they are carefully selected so as to reflect the concepts contained in related articles are the completeness of modern scientific articles to help improve the ease of access of the article in question in search engines.
Utilization of Supporting Instruments
Article writing is designed to use all complementary means such as (photo illustrations, tables and graphs) to support descriptive exposure. For Photo images, tables and graphics must be given a full number and title and must be included in the text. The images and tables are in black and white format..
Equation
Math equations should be numbered in regular brackets, (x), with right-aligned writing.
How to Use and Quote
Each paper is required to cite library sources derived from national and international scientific journals. The context of scientific periodicals includes a library reference system (year name, number order, footnote, endnote) and citation method must be maintained the standard and consistency of its use. In Chapters, they are written in square brackets in the order in which they are written [1]. Read sentences follow parentheses [1]. Just refer to the writing number as in [1]- don't use "quote. [1]" or "quotation [1]" except at the beginning of the sentence "quote [1] is ..." These systems and ways of tipping should use standard quote applications so that consistency and accessibility are better maintained.
Library List
Preparation of library lists that follow IEEE References library list authoring techniques. To maintain consistency in how libraries are used, ingesting and writing libraries, it's a good idea to use apps to manage those libraries and libraries, for example free apps (e.g. Mendeley, RefWorks, Zotero) or paid apps (e.g. Endnote, Reference Manager).