Pemetaan Industri Pariwisata Di Kabupaten Tangerang Sebagai Tempat Promosi Potensi Investasi Melalui Aplikasi Gecom

Main Article Content

Handy Januar Permana Bugi Alfaridi Haris Muhardi

Abstract

Analitis sebuah pranata Negara, struktur data terlampau berharga.Observasi ini
bermaksud mendapatkan struktur data geografis untuk penataan tujuan pariwisata, Struktur data
Geografis sebagai salah satu prosedure ketika menyimulasikan satu kesulitan saat ini di bidang
pariwisata Kabupaten Tangerang. Fungsi satu area di Kabupaten Tangerang patut
dikembangkan diantaranya saat aspek pariwisata, permasalahan yang diarah Dinas Pemuda
Olahraga Culture dan Turisme Kabupaten Tangerang ekslusif di sektor turisme yaitu tidak
adanya berita destinasi pariwisata yang tersistem. Hal ini membutuhkan teknologi yang dapat
menyajikan informasi destinasi pariwisata yaitu Pemetaan Destinasi Wisata seperti data yang
menyampaikan penjelasan dalam laporan wisata harus mencakup data, gambar dan maps yang
dapat diakses secara realtime dan fleksibel, sehingga para pelancong yang ingin berkunjung ke
tempat objek pariwisata Kabupaten Tangerang namun tengah belum kenal letak atau letak
tujuan wisata yang memikat untuk didatangi, dapat mengakses dan mengetahuinya melalui
sebuah wadah yaitu aplikasi Geographic Computer. Dengan adanya Sistem ini, wisata di
Kabupaten Tangerang akan menghadiahkan ketepatan waktu dan kelancaran saat mempublisitas
tujuan wisata, pengunjung wisata tak berulang hadir ke Dinas Pemuda Olahraga Culture dan
Turisme untuk meraih suatu berita yang akurat tentang destinasi rekreasi yang terletak di
Kabupaten Tangerang. Maka dari itu, pengkajian ini mengusulkan sistem pemetaan pariwisata
sebagai media promosi dan informasi sehingga objek wisata menjadi sebuah industri pariwisata
yang berpotensi investasi dengan adanya dukungan teknologi informasi .Adapun struktur
pemprograman pola dengan memanfaatkan UML dan mengaplikasikan pola analisa CSF
(Critical Success Factor), karena pola pemprograman dan analisa ini benar-benar berguna
dikerjakan sebelum mengembangkan laporan sistem pemetaan pariwisata.

Article Details

How to Cite
Permana, H., Alfaridi, B., & Muhardi, H. (2022). Pemetaan Industri Pariwisata Di Kabupaten Tangerang Sebagai Tempat Promosi Potensi Investasi Melalui Aplikasi Gecom. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 8(1), 53-65. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v8i1.2184
Section
Articles
Author Biographies

Handy Januar Permana, Universitas Raharja

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi.

Bugi Alfaridi, Universitas Raharja

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi.

Haris Muhardi, Universitas Raharja

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Dan Teknologi.

References

[1] Amrullah, Agit., Rifda Faticha Alfa A, Danang Sutedjo, Renna Yanwastika Ariyana,
Hendi S dan Eri Sasmita Susanto.2016. Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem
Informasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Seminar Nasional
Teknologi
Informasi dan MultimediaISSN: 2302-3805. Diambildari:
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1344/1
263
[2] Anindita, M. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan ke
Kolam Renang Boja. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas
Diponegoro. Aris, Andriani Dini, Romodor Apriyani dan Eka Sari Dian.2016. Perancangan aplikasi sistem informasi penjualan tiket pada PT Nur Rizky Pratama
Travel Berbasis Web. Yogyakarta: Stmik Amikom Yogyakarta. Vol 4. number 1,
Februari2016.Diambildari
: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1282. (1 Desember
2018).
[3] Cortez, D. M. A., Molina, C. M., Mata, K. E., & Bermudez, J. R. D. 2015. Improving
Customer Satisfaction through Smart Shopping: A Prototype. International Journal of
Computer Science and Information Technologies, 6(2), 1141-1152. Crosstechno.com,
2019. Apa
itu Flutter. Diakses
tanggal 17 Agustus 2019 dari
https://crosstechno.com/blog/view/apa-itu-flutter-.
[4] Dzulhaq, M. I., Tullah, R., & Nugraha, P. S. (2017). Sistem Informasi Akademik
Sekolah Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).
[5] Hidayat, Wahyu. Riri Mahmuriyah. Dan Sri Ndayani Ratna Safitri. (2016). “Media
Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi”. Jurnal SENSI. Tangerang:
STMIK Raharja (ISSN: 2461-1409. Vol.2 No. 2- Agustus 2016.
[6] Iswara, Danu. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan
Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Pengguna Media
Sosial Instagram di Kota.
[7] Maimunah, David Ericson Manalu, Dian Budi Kusuma 2017. Perancangan Prototype
Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin.
Jurnal Teknik Informatika Vol.5 No.1 Yogyakarta : STMIK AMIKOM