Model Sistem Informasi Eksekutif Sebagai Pendukung Keputusan di RSUD Dr. Moewardi

Main Article Content

Gugun Gunawan Henderi Henderi Nur Azizah

Abstract

Rumah sakit mempunyai tujuan agar tercapai pelayanan Kesehatan yang optimal pada pasien secara cepat dan tepat serta terpadu dalam penanganan penyakit yang diderita oleh pasien. Beragamnya jenis penyakit dan kondisi pasien, serta banyaknya kunjungan yang datang
bersamaan ke rumah sakit telah mengakibatkan kepadatan di wilayah rumah sakit. Kepadatan ini ketika permintaan untuk layanan melebihi kapasitas dari perawat, ruangan, pengetahuan serta pengobatan untuk memberikan perawatan yang berkualitas dalam kerangka waktu yang tepat maka pelayanan harus cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan respontime pelayanan dengan sistem pendukung keputusan di RSUD Dr. Moewardi dengan membuat suatu model sistem informasi eksekutif sebagai pendukung keputusan.

Article Details

How to Cite
Gunawan, G., Henderi, H., & Azizah, N. (2023). Model Sistem Informasi Eksekutif Sebagai Pendukung Keputusan di RSUD Dr. Moewardi. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 9(1), 36-45. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v9i1.2621
Section
Articles
Author Biographies

Gugun Gunawan, Universitas Raharja

Program Studi Magister Teknik Informatika, Fakultas Sain dan Teknologi.

Henderi Henderi, Universitas Raharja

Program Studi Magister Teknik Informatika, Fakultas Sain dan Teknologi.

Nur Azizah, Universitas Raharja

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sain dan Teknologi.

References

[1] Undang – Undang Dasar 1945 Pasal 28 H Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara
[2] Undang – Undang Kesehatan Nomor 23 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
[3] Haryatun N, Sudarmono A., 2013, Perbedaan waktu tanggap Tindakan keperawatan pasien cidera kepala kategori I-V di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Moewardi, Berita Ilmu Keperawatan 1(2): 69-74.
[4] Latupono, 2014, Hubungan Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Masohi Tahun 2014, JST Kesehatan.Januari 2015.Vol. 5 No. 1.
[5] Adhani, R., Sari, H.V., dan Aspriyanto, D, 2014, Nursing mouth caries anak 2-5 tahun di Puskesmas Cempaka Banjarmasin, Jurnal PDGI Vol. 63 No. 1, Jakarta: Pengurus Besar PDGI.
[6] Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis : Jakarta : Salemba Medika
[7] Nasir, Moh. 2015. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
[8] Nasir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
[9] Arikunto, S., 2007. Prosedur Penelitian Suata Pendekatan Praktek Edisi VI Hal 134, Jakarta : Rineka Apta
[10] Heizer, J., & Render, B., 2014, Operations Management, Manajemen Operasi, Salemba Empat, Jakarta.
[11] Lawrence, J. A., & Pasternack, B. A., 2002, Applied Management Science, Manajemen Operasi, Hokoben, Wiley.
[12] Eko Widodo. 2015. Hubungan Response time Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Di Igd Rs. Panti Waluyo Surakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada Surakarta : 35-46.
[13] Tjiptono, F. (2005). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi.
[14] Henderi, Sri Rahayu, dan Bangun Mukti Prasetyo, 2012, Dashboard Information System Berbasis key Performance Indicator.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>