Analisis Ruang Virtual Menggunakan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Promosi Penjualan Bagi UMKM

Main Article Content

Ary Budi Warsito Muhammad Yusup Wijil Nugroho

Abstract

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan media digital dan jaringan internet. Seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, website, dan platform lainnya. Faktanya, pengguna internet di dunia sudah 4,8 miliar orang lebih (Data Reportal). Itu artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet sehingga upaya digital marketing mulai diperlukan. Melihat peluang emas itu, berbagai tingkatan bisnis pun mengadopsi strategi digital marketing. Sehingga, mereka bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Mengapa perlu digital marketing, hal ini dikarenakan digital marketing memiliki manfaat diantaranya adalah fleksibel digunakan semua jenis bisnis, mampu menjangkau konsumen secara personal, lebih
memudahkan dalam mengukur keberhasilan strategis dan memaksimalkan tingkat konversi karena mampu melemparkan ke target audiens spesifik. Oleh karena itu perlu diterapkan digital marketing pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah agar kegiatan usaha mereka dapat tetap berjalan, Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bulan Maret 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta yang tersebar di seluruh indonesia. Dari data tersebut pelaku UMKM masih banyak yang belum atau mampu memanfaat media digital. Ruang virtual merupakan solusi yang baik untuk meningkatkan brand produk, hal ini didasarkankan ada interaksi antara produk dengan konsumen tanpa harus berhubungan langsung dengan produsen, konsepnya adalah pada saat konsumen memindai gawai ke produk maka produk tersebut akan muncul sebuah informasi tentang produk tersebut. Penelitian tahap awal ini berlangsung selama kurang lebih enam bulan dimana keluaran yang diharapkan adalah sebuah aplikasi virtual yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha UMKM di indonesia untuk mempercepat menginformasikan dan kejelasan produk. karena luasnya wilayah indonesia maka penelitian ini akan difokuskan pada usaha mikro atau kecil yang ada di wilayah kabupaten Tangerang provinsi banten yang dekat dengan tempat peneliti. Sample data yang akan menjadi observasi adalah UMKM Kabupaten Tangerang dimana penelitian yang difokuskan pada usaha mikro dan kecil. Aplikasi yang akan dikembangkan ini menggunakan media website agar pemanfaat bisa menjangkau lebih luas di Indonesia. Pemanfaat aplikasi yang dikembangkan dapat diterapkan pada beberapa pelaku UMKM, mata kuliah digital marketing, mata pelajaran bisnis sekolah bahkan bisa lebih luas lagi. Aplikasi yang dikembangkan ini dapat memungkinkan pelaku usaha memudahkan dalam membuat produk berbasis virtual.

Article Details

How to Cite
Warsito, A., Yusup, M., & Nugroho, W. (2023). Analisis Ruang Virtual Menggunakan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Promosi Penjualan Bagi UMKM. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 9(1), 102-113. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v9i1.2627
Section
Articles
Author Biographies

Ary Budi Warsito, Universitas Matana, Tangerang

Jurusan Teknik Informatika

Muhammad Yusup, Universitas Raharja, Tangerang

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sain dan Teknologi

Wijil Nugroho, Universitas Matana, Tangerang

Jurusan Teknik Informatika

References

[1]Fergiawan listianto, fauzy, rita irviani, &K (2017). Aplikasi E-Commerce berbasis web mobile pada Industri Konveksi serangan Drumband
[2] Syafitri, I (2019). Pengertian Aplikasi Beserta Fungsi dan contoh Aplikasi, Retrieved from http://www.nesabamedia.com/pengertian-aplikasi
[3] Amir Yasraf Piliang. 2011. Bayang-bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi, (Bandung: Mizan Publikasi)
[4] Akbar, M.R. (2012) Perancangan Buku Augmented Reality Metode Markerless untuk Pengenalan sejarah Kapal Tradisional Indonesia.
[5] Ardian, Z., Santoso, P.I., & Sunarfrihantono, B (2014) Analisa dan Evaluasi Kemampuan Sistem Pendekteksian Teks Secara Real Time berbasis Augmented reality pada Vuforia SDK Berbasis Android
[6] Selvia, L. G., Yogie, R. G., & Fawaiz Rasyid. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Membangun Aplikasi Pemandu Kota Berbasis Mobile Android Memanfaatkan LBS Yang Diintegrasikan dengan Google Maps dan GPS (PusaStudi: Provinsi Jawa Barat). Jurnal Tekno Insentif: Vol. 10 No.2. Hal.15-22.
[7] Gerhana Aditya Yana, Syaripudin Undang, Setiawan Erwin. (2016) Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. join 1(6):2527-9165.
[8] Gerhana Aditya Yana, Syaripudin Undang, Setiawan Erwin. (2016) Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. join 1(6):2527-9165.
[9] Cleland, R.S (2000). Internet Marketing: strategy, Implementation and Practice. Univerity of Cambridge.
[10] Fandi Tjiptono, 2002, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi.
[11] Ary b.w, eliando, M. yusup (2021) VR 360 as an Alternative for Virtual-Based Practicum Learning with Stereoscopic View