SISTEM KULIAH PORTOFOLIO (SKUP) MAHASISWA BERBASIS ILEARNING MEDIA (IME) PADA PERGURUAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat didunia pendidikan memerlukan media informasi sebagai proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang mudah merupakan cara yang digunakan dosen untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta kemandirian mahasiswa dalam pembelajaran di kelas menggunakan iLearning Media(iMe) Class Meskipun sudah banyak macam metode pembelajaran didunia pendidikan, namun menggunakan iMe cukup efektif praktis mudah dan sangat baik untuk menunjang proses belajar dan mengajar terutama pada mahasiswa iLearning di Perguruan Tinggi Raharja yang proses belajar mengajarnya menggunakan device yaitu iPad di Perguruan Tinggi Raharja. Dan yang lebih menariknya lagi didalam iLearning Media(iMe) Class terdapat portofolio yang memudahkan Mahasiswa dalam menyimpan tugas mereka tanpa takut kehilangan berkas yang terjadi saat pengumpulan tugas yaitu dengan membuat Sistem Kuliah Portofolio (SKUP) di dalam iLearning Media(iMe) Class . Yang menjadi kendala saat ini adalah masih banyak para mahasiswa yang belum mempergunakan metode pendidikan yang berteknologi informasi modern saat ini. Untuk mengatasi masalah seperti yang dijelaskan , dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan iLearning Media(iMe) Class dan menyimpan tugas pada Sistem Kuliah Portofolio (SKUP) . Maka diperlukan proses yang cepat dan efisien agar dapat menyelesaikan masalah yang terjadi . Saat ini proses belajar mengajar hanya sekedar duduk dan mendengarkan dosen yang sedang menjelaskan didepan serta mengerjakan tugas secara manual, tanpa diketahui mahasiswa tersebut mengerti atau tidak dengan yang dijelaskan oleh dosen bahkan mahasiswa tidak mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Article Details
References
[2] Sinaradi, F. 2001. “Metode Penilaian Hasil belajar Peserta Didik dengan Portofolio”. Dalam
P. Suparno, dkk. (peny.). 2001. Menuju Pempelajaran Aktif. Yogyakarta: Penerbitan USD
[3] Surapranata, Sumarna dan Muhammad Hatta. 2006. Penilaian Portofolio: Implementasi
Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.