Pembangunan Aplikasi Permainan Edukasi “TTM” Untuk Remaja Masjid Al-Mustaqim Menggunakan Metode GDLC indonesia

Main Article Content

Nazifa Putri Hutami Sitta Fadillah Reynaldi Prathama

Abstract

ABSTRAK


 


Remaja yang gagal identik dengan perilaku menyimpang yang disebut kenakalan remaja. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi hal kenakalan remaja adalah dengan mengajarkan pemahaman ajaran agama yang selalu membawa para umatnya kejalan yang benar. Seperti halnya yang dilakukan oleh PRISMA (Pemuda Remaja Islam) Masjid Al-Mustaqim. Dalam rangka mengembalikan pemahaman ajaran islam agar menjadi pribadi yang akhlakul karimah, PRISMA Al-Mustaqim mengadakan program kerja yang dimana setiap minggu diadakannya pembelajaran ajaran agama islam. Akan tetapi terdapat berbagai kendala dalam menyampaikan pemahaman ajaran islam. Salah satu kendalanya adalah para anggota cepat bosan. Namun terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengimbangi ilmu agama dengan kemajuan teknologi yaitu dengan membangun permainan edukasi. Game edukasi “TTM” dibuat berbasis web untuk memberikan informasi seputar materi pada kitab khilyatul wal banin pada bab puasa dan sedekah. Proses pembuatan game “TTM” menggunakan metode GDLC versi Basic Game Production Cycle yang digunakan untuk membangun suatu permainan. Dengan  adanya aplikasi ini semoga bisa meningkatkan pemahaman belajar anggota remaja masjid terhadap ajaran agama islam sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 



Kata kunci— Remaja, Agama , Game Edukasi, Website, GDLC

Article Details

How to Cite
Hutami, N., Fadillah, S., & Prathama, R. (2021). Pembangunan Aplikasi Permainan Edukasi “TTM” Untuk Remaja Masjid Al-Mustaqim Menggunakan Metode GDLC. Universal Raharja Community (URNITY Journal), 1(1), 75-90. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/urnity/article/view/1418
Section
Articles