Manajemen Retail Raharja Enrichment Program Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka indonesia
Main Article Content
Abstract
Perkembangan dalam dunia pendidikan semakin mendorong terjadinya perubahan pada proses pembelajaran. Sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan kebijakan Kampus Merdeka pada tahun 2020, merealisasikan terciptanya program Manajemen Retail. Melalui metode pembelajaran simulasi (case study), pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning), dan pembelajaran berbasis (active learning) membuat MR-REP (Manajemen Retail Raharja Enrichment Program) dirancang untuk melahirkan entrepreneur yang memiliki keahlian di bidang retail modern berbasis teknologi informasi. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka menjadi salah satu landasan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi yang dilakukan secara daring dan langsung, melalui kunjungan masyarakat fun and enjoy, di Centre of Excellence Fakultas Ekonomi dan Bisnis Manajemen Retail pada sebuah tempat bernuansa startup yang bernama Alphabet Incubator. Hasil akhir dari sosialisasi pengabdian ini berupa terealisasikannya sosialisasi terkait program MR-REP yang sejalan dengan tujuan Kemendikbud untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana.