DASHBOARD PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WESBSITE PADA KELURAHAN KELAPA INDAH KOTA TANGERANG

Main Article Content

Aris . Nur Amalia Rahayu Wusananingsih R Ira Nia Milani Irfan Nofianto

Abstract

Penelitian ini mengembangkan dan menerapkan dashboard pelayanan administrasi masyarakat berbasis website di Kelurahan Kelapa Indah, Kota Tangerang, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pelayanan publik. Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi informasi menjadi penting untuk memfasilitasi interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, dan evaluasi fungsionalitas dashboard. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypetext Prepocessor) dan Visual Studio Code untuk editor teks, sehingga menghasilkan antarmuka yang interaktif dan responsif. Uji coba dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan pegawai kelurahan untuk mengevaluasi penggunaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kemudahan akses informasi dan layanan yang diberikan oleh dashboard ini, serta mempercepat proses pengajuan layanan administrasi masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi dashboard pelayanan administrasi masyarakat berbasis website dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dan memperkuat akuntabilitas pelayanan publik di Kelurahan Kelapa Indah, serta merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk integrasi dengan sistem pelayanan pemerintah yang lain.


 


 

Article Details

How to Cite
., A., Amalia, N., Wusananingsih, R., Milani, R. I., & Nofianto, I. (2025). DASHBOARD PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WESBSITE PADA KELURAHAN KELAPA INDAH KOTA TANGERANG. Universal Raharja Community (URNITY Journal), 5(2), 110-119. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/urnity.v5i2.3852
Section
Articles