Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Pada Kantor Kelurahan Kutabumi

Main Article Content

Bayu Pramono Rohmawati Ningsih Sandika Gusti Prakasa

Abstract

Kantor Kelurahan Kutabumi yaitu Kantor yang melakukan beberapa kegiatan untuk menyelenggarakan urusan kegiatan pemerintahan, seperti pemberdayaan dan pelayanan terhadap masyarakat. Pada Kantor Kelurahan Kutabumi, pelayanan administrasi kependudukan adalah hal yang penting dalam sebuah instansi pemerintahan kelurahan. Permasalahan yang terjadi salah satunya adalah pembuatan surat permohonan persyaratan administrasi kependudukan yang dalam pengerjaannya masih menggunakan alat bantu Microsoft Excel sehingga berdampak pada pelayanan yang kurang maksimal terhadap pelayanan penduduknya. Untuk meningkatkan pelayanan mutu yang ada pada Kantor Kelurahan Kutabumi dibutuhkan sebuah sistem pelayanan agar pelayanan administrasi kependudukan lebih mudah dan cepat. Peneliti memakai metode analisa PIECES yaitu metode analisa yang menganalisa Performance, Informance, Economy, Control, Efficiency dan Service dan menggunakan metode analisa sistem Unified Modeling Language (UML) untuk menjelaskan dan menggambarkan alur dari sebuah sistem secara visualisasi. Sistem ini di rancang dengan tujuan agar dapat memudahkan proses permohonan persyaratan mengenai administrasi kependudukan dan mempermudah staff pelayanan dalam proses kegiatan laporan administrasi kependudukan.


Kata Kunci : Administrasi, Pelayanan, Surat permohonan

Article Details

How to Cite
Pramono, B., Ningsih, R., & Prakasa, S. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Pada Kantor Kelurahan Kutabumi. ICIT Journal, 6(2), 153-162. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1106
Section
Articles

References

[1] Bagus Muhammad Ariyadi dan Bahar(2016). Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu pada Kantor Kelurahan. Jurnal JUTISI Vol 5, No 1.
[2] Ali Ibrahim , Ahmad Rifai dan Lina Oktarina (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Data Kependudukan Kelurahan Pahlawan Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 1.
[3] Erra Wahyu Puspitarini, Majida Noviyanti, dan Asmania Dewi Indria Winata (2017). Sistem Informasi Administrasi Data Kependudukan Pada Kantor Kelurahan Kolursari. Jurnal SPIRIT Vol. 9 No. 1.
[4] Masna Wati dan Engla Despahari (2018). Sistem Infromasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Di Kecamatan Marangkayu Kutai Kartaanegara. Jurnal JURTI Vol 2 No 1.
[5] Hengki Tamando Sitohang. (2018). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Negeri Medan. Jurnal Informatik Pelita Nusantara : Vol.3, No.1.
[6] Bachtiar, D., & Atikah, A. (2015). Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 5(1).
[7] Ibrahim, A., Rifai, A., & Oktarina, L. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Data Kependudukan Kelurahan Pahlawan Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, 8(1).
[8] Fauzan Masykur, Ibnu Makruf Pandu Atmaja. (2015). Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web, Jurnal IJNS (Indonesian Journal of Network & Security) Volume 4 No 3.
[9] Martono, Kartika, dan Putri Aulia. (2017). Aplikasi Jenjang Sosial Pendataan Kartu Keluarga Berbasis Web. Jurnal CCIT: Vol.10,No.2.
[10] Sugianur, Yuli Nurcahyanti. (2017). Sistem Informasi Pendataan Penduduk Desa Ganepo Berbasis Dekstop. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (Unda) Vol 3. No 1 Issn: 2088-3595.