Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Main Article Content

Eka Fitri Rahayu

Abstract

Informasi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi yang efektif adalah sistem informasi yang harus mampu memberikan kepuasan kepada para penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan Instrumen Accuracy, Content, Format, Timeliness dan Ease of Use terhadap kepuasan pengguna sistem UG In Your Hand. Data yang digunakan sebanyak 96 responden yang diperoleh melalui kuesioner online yang dibagikan kepada Mahasiswa. Metode penelitian menggunakan model Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instrumen Ease of Use dan Timeliness mempengaruhi kepuasan pengguna sistem, selain itu Instrumen Content, Accuracy dan Format tidak mempengaruhi kepuasan pengguna sistem UG In Your Hand.


 


Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, UG In Your Hand, Metode EUCS

Article Details

How to Cite
Rahayu, E. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213-226. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118
Section
Articles

References

[1] Alkhafaji, S. M. (2016). User satisfaction on mobile apps: An analytical study on Omani business environment. Archives of Business Research, 4(1). Clarke, S. (2008). End-user computing: Concepts, methodologies, tools, and applications: Concepts, methodologies, tools, and applications. IGI Global.
[2] Erlika, Y., Wijaya, F. K., & Santi, R. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak online Menggunakan Metode end user computing satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang). JUSIFO (JURNAL SISTEM INFORMASI), 3(1), 29-40.
[3] Hidayah, N. A., Rustamaji, E., & Purusotama. (2018). Determining user satisfaction factors on university tuition fee systems using end-user computing satisfaction (EUCS). 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM).
[4] Patma, T. S., Maskan, M., & Utaminingsih, A. (2018). SIstem Informasi Manajemen: Guna Mendukung Keputusan. UPT Percetakan dan Penerbitan Polinema.
[5] Prasetyo, B., Yulia, R. W., & Felisia. (2017). Measuring end-user satisfaction of online marketplace using end-user computing satisfaction model (EUCS model) (Case study: Tokopedia.com). 2017 4th International Conference on Computer Applications and Information Processing Technology (CAIPT).