PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA HOTEL SITAMIANG 2 BOGOR

Main Article Content

Lusyani Sunarya Desi Wahyu Kartika Sari Pajrin Wurika Sahara

Abstract

Perkembangan dunia perhotelan yang makin pesat, menuntut kebutuhan akan informasi dan promosi agar Hotel Sitamiang 2 Bogor semakin diminati oleh customer. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media berbasis audio visual agar dapat menarik dan efektif, terutama dalam penyampaian informasi dan promosi mengenai hal – hal yang berkaitan dengan Hotel Sitamiang 2 Bogor. Permasalahan yang ada yaitu kurangnya media promosi dan informasi yang digunakan pada Hotel Sitamiang 2 Bogor, karena dalam melakukan suatu promosi dan memberikan informasi masih menggunakan media cetak yaitu berupa brosur,  untuk itu dibuatlah suatu teknik promosi baru untuk Hotel Sitamiang 2 yaitu dengan menggunakan media iklan yang mampu menginformasikan dan mempromosikan seluruh aset dan keunggulan yang dimiliki perusahaan, dengan harapan akan menarik minat calon customer, menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait, dan sebagai media informasi untuk meningkatkan image Hotel Sitamiang 2 agar lebih dikenal lagi di masyarakat khususnya di daerah Bogor dan sekitarnya. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan dan metode konsep produksi mavib (KPM) yang meliputi : pre production, production, dan post production. Dengan menggunakan media iklan maka perusahaan akan lebih menarik dalam menyampaikan informasi dan promosi suatu produk dan jasa yang di tawarkan, sehingga perancangan media video iklan Hotel Sitamiang 2 Bogor, diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah pada media promosi dan informasinya.


Kata Kunci: media iklan, informasi, promosi.

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Kartika Sari, D., & Sahara, P. (2015). PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA HOTEL SITAMIANG 2 BOGOR. ICIT Journal, 2(1), 15-28. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i1.15
Section
Articles

References

[1] Ayuningtyas, Melvy.2011. Edit Video Dengan Adobe Premiere CS6, Bekasi:Dunia Komputer.
[2] Apriyani,Lima.2012. Perancangan Company Profile Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT.Melia Nature ISSN: 1978 - 8282 Vol.7 No.3 - Mei 2014 390 INDONESIA. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[3] Dewi Immaniar Desrianti dkk, dalam jurnal CCIT Vol. 5 No. 2
[4] Ginanjar, Fitrah .2012. Perancangan Media Video Feature Sebagai Penunjang Iformasi Dan Promosi Parawisata Kabupaten Garut Pada Dinas Kebudayaan Dan Parawisata Kabupaten Garut.Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[5] Komala, Lukiati.2011.Produksi promosi pemasaran aktivitas.Bandung.
[6] Kholis Nur Muhamad. 2012. Perancangan Media Iklan Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting Pada Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[7] Maimunah, 2012. Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi Dan Promosi. Tangerang : Jurnal CCIT (Vol.5 No.3).
[8] Maimunah dkk, Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3
[9] Maimunah dkk, Jurnal CCIT Vol.5 No.3
[10] Raharja, Untung, dkk. 2010. Audio Visual as One The Teaching Resources On Ileaning. Tangerang : Jurnal CCIT (Vol.5 No. 2).
[11 ]Rhenald, Khasali, 2010 Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
[12] Setiawan, Richi berjudul 2010 “Implementasi Video Iklan Berbasis Animasi 3d Pada Sma-It Alia Tangerang”.
[13] Surya Riyan Muhamad. 2010. Perancangan Media Video Iklan Menggunakan Animasi 3D DI Klinik Usada Nugraha Kabupaten Tangerang. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[14] Usmara, 2012. Media Promosi, Jakarta: Salemba Empat.