Pemanfaatan Sistem Informasi Dalam Penentuan Alokasi E-Budgeting Pada PT. Multipedia Teknika Indonesia

Main Article Content

Ilamsyah Ilamsyah Arief Saptono Novi Rifkhah Prastiwi

Abstract

Sistem Informasi budgeting atau yang berhubungan dengan anggaran saat ini masih sangat dibutuhkan  untuk mengatur pengeluaran yang dilakukan perusahaan. PTMultipedia Teknika Indonesia menggunakan sistem budgeting yang tergolongsemi-komputerisasi karena masih menggunakan Microsoft Excel. Proses pengajuandan penggunaan budget dirasa cukup rumit karena harus melalui banyak approvalmelalui surel sehingga rentan kesalahan serta lambat dalam prosesnya. Tujuandilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kelemahan yang ada padasistem budgeting PT Multipedia Teknika Indonesia yang berjalan saat ini dan merancang sebuah sistem e-budgeting dari permasalahan yang ada. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dengan melakukan pengamatan terhadap sistem yang berjalan, studi pustaka untuk memperoleh informasi dengan mempelajari buku maupun penelitian sejenis sebelumnya, dan wawancara untuk memperoleh informasi yang tepat atas pengguna yang berkaitan dengan proses tersebut. Metode analisis, perancangan dan pengujian yang digunakan adalah PIECES, UML dan Black Box Testing. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian adalah lambatnya proses approval saat pengajuan dan penggunaan budget serta proses pembuatan laporan akibat pengecekan berulang karena data yang selisih, sehingga dibutuhkan sistem yang memudahkan pengguna dalam proses pengajuan, penggunaan, maupun pembuatan laporan secara realtime.


 


Kata Kunci : budgeting, approval, laporan

Article Details

How to Cite
Ilamsyah, I., Saptono, A., & Prastiwi, N. R. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Dalam Penentuan Alokasi E-Budgeting Pada PT. Multipedia Teknika Indonesia. ICIT Journal, 8(1), 23-33. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v8i1.2170
Section
Articles

References

[1]. Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian sistem informasi pendaftaran dan pembayaran wisuda online menggunakan black box testing dengan metode equivalence partitioning dan boundary value analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6(1), 25-29.
[2]. Ningsih, Virgiana, Ria Nelly Sari, and Muhammad Rasuli. Analisis Penerapan E-Planning Dan E-Budgeting Pada Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah
[3]. Kabupaten Bengkalis) Jurnal Ekonomi 26.2 (2018): 18-31.

[4]. Setyawan, Supanji, Nuwun Priyono, and Chaidir Iswanaji. Development model of e-budgeting and e-reporting system on the management of village fund finance. Jurnal Dinamika Akuntansi 9.1 (2017): 92-99.
[5]. Nurjamiah, Arie Rafika Dewi. Aplikasi Pengelolaan Keuangan Melalui E-Village Budgeting Sebagai Sarana Transparansi Pengelolaan Keuangan. Journal of Information System Research (JOSH) 1.2 (2020): 7781.
[6]. Soleh, Angga Nurcahyanto. Analisa Sistem Informasi E-Budgeting Pengajuan Rencana Anggaran Perusahaan menggunakan Balance Scorecard. SINDIMAS 1.1 (2019): 260-264.