Perancangan Video Animasi 3D Menggunakan Teknologi Motion Capture Tentang Pengenalan Teknik Dasar Ilmu Beladiri Pecak Silat
Main Article Content
Abstract
Motion capture dapat menyajikan gerakan yang realistis dan memberikan nuansa dan detail khusus pada animasi. Berdasarkan hal tersebut, maka dibuat sebuah animasi 3D menggunakan teknologi Motion capture tentang teknik dasar pencak silat. Animasi dibuat dengan merekam gerakan ilmu bela diri pencak silat dari seorang atlet pencak silat ke dalam Model 3D menggunakan kamera OptiTrack Flex 3 dan teknologi motion capture yang mampu membuat gerakan animasi sesuai dengan gerakan manusia. Animasi ini bertujuan memberikan informasi, simulasi, dan tutorial agar seseorang dapat mengetahui dan menguasai gerakan teknik - teknik ilmu bela diri pencak silat, serta menghasilkan sebuah video animasi 3D dengan teknologi motions capture. Berdasarkan hasil uji coba storyboard dan hasil kuesioner data gerakan teknik pencak silat pada video animasi yang diberikan kepada atlet bela diri pencak silat sebagai pakar pencak silat, didapatkan hasil tingkat akurasi / kesesuaian gerakan didalam video animasi sekitar 77,8 %. Hal tersebut menyimpulkan bahwa video animasi model 3D ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri ilmu bela diri pencak silat.
Kata Kunci : Animasi 3D, Motion Capture, Pencak Silat
Article Details
References
Animasi Manusia 3D”, Jurnal Aksara Komputer Terapan Vol. 5, No. 2, Politeknik Caltex Riau.
[2] Ardianto, Eka., 2012, “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender”, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Vol. 17, No. 2, Universitas Stikubank.
[3] Awule, Miranthy E, Steven R. Sentinuwo, dan Arie S.M. Lumenta., 2016, “Pembuatan Film Animasi 3D menggunakan Metode Dynamic Simulation”, Jurnal Teknik Elektro dan
Komputer, Vol. 5, No. 4, Universitas Sam Ratulangi.
[4] Draeger, Donn F., 1992, “Weapons and fighting arts of Indonesia”, Rutland: Charles E. Tuttle Co.
[5] Fernadez, Ibiz., 2002, “Macromedia Flash Animation & Cartooning : A Creative Guide”, Pennsylavia State University : McGraw-Hill/Osborne.
[6] Kaharuddin, Muhammad Zulhilmi., 2017, “Biomechanics Analysis of Combat Sport (Silat) By Using Motion Capture System”, Malaysia : Materials Science and Engineering.
[7] Mulyadi., 2015, “Dasar-dasar Beladiri pencak silat”, Jurnal Universitas Negeri Medan.
[8] Prasetia, Andi, Meilany Dewi, dan Juni Nurma Sari., 2017, “Simulasi Pergerakan Manusia Motion Capture”, Jurnal Aksara Komputer Terapan, Vol. 6, No. 2, Politeknik
Caltex Riau, Pekanbaru.
[9] Sukoco., 2010, “Teknologi Motion Capture untuk Pembuatan Film Animasi 3D”, Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 2, No.3, Juli.
[10] Suryajaya, I Dewa Bagas, Ema Utami, dan Sukoco., 2015, “Optimalisasi Teknik Markeless Motion Capture menggunakan Multisensor pada Pembuatan Animasi 3D”, Jurnal
Konferensi Nasional Sistem & Informatika, STMIK Amikom, Yogyakarta.
[11] Wulandari, Novita., 2014, “Teknologi Motion Capture untuk Pengenalan Teknik Dasar Sepak Bola”, Tugas Akhir, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Program
Studi Teknik Informatika, Universitas Nasional, Jakarta.