Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Kosakata Bahasa Arab Berbasis Android

Main Article Content

Ike Putri Kusumawijaya Ananda Putri K Witta Listiya Ningrum

Abstract

Pemanfaataan teknologi dapat dirasakan dalam segala aspek sehingga dapat membantu masyarakat dalam melakukan banyak hal, yaitu mulai dari memperoleh informasi hingga membantu proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab, metode pembelajaran mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan smartphone agar kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan interaktif sehingga tidak menimbulkan kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi kosakata bahasa Arab untuk anak berbasis Android. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan informasi mengenai kosakata bahasa Arab. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan dan analisis, perancangan, implementasi, dan uji coba. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Andoid Studio dengan bahasa pemrograman Java. Aplikasi ini dapat menjadi tambahan referensi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Aplikasi kosakata bahasa Arab ini menyediakan dua fitur, yaitu fitur menu bermain dan menu kuis. Berdasarkan hasil uji coba menggunakan black box testing, semua menu pada aplikasi ini dinilai sudah sukses untuk berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.


Kata Kunci— Android, Kosakata, Bahasa Arab, Java, Blackbox

Article Details

How to Cite
Kusumawijaya, I., K, A., & Ningrum, W. (2023). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Kosakata Bahasa Arab Berbasis Android. ICIT Journal, 9(1), 66-76. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v9i1.2645
Section
Articles

References

[1] N. Azis, G. Pribadi, and M. S. Nurcahya, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android”, Jurnal IKRA-ITH Informatika, vol. 4, no. 3, pp. 1-5, 2020.
[2] Y. Yunus, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Pada Sekolah Menengah Pertama”, JTII, vol. 5, no. 2, pp. 54-59, 2020.
[3] Nazruddin Safaat H, "Android : pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis android”, Bandung: Informatika, 2015.
[4] H. Munawaroh, et al., “Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4057-4066, 2022.
[5] M. F. Nasrulloh, A. K. Nasoih, and W. S. Satiti., “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 28-35, 2020.
[6] A. M. Ilmiani, et al., “Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 17-32. 2020.
[7] Pressman, Roger S., “Software Engineering A Practitioner’s Approach”, McGraw-Hill
International Edition, New York. 2005.
[8] Prihatna, Henky., “Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional”, Jakarta: Elex Media Koputindo, 2005.
[9] Rickyanto, Isak., “Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Java 2(JDK 1.4)”, Yogyakarta : Andi, 2003.
[10] Raymond McLeod, Jr., “Management Information System”, Prentice Hall, 2010.