Digitalisasi Pelayanan Akademik Melalui Aplikasi Simika Pada UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Main Article Content

Ahmad Tabrani Elsi Ariani Lukman Anwar Maulana

Abstract

Pelayanan akademik adalah layanan pendidikan yang berhubungan erat dengan mahasiswa meliputi kurikulum, RPS, rancangan mutu perkuliahan, praktikum, pembimbingan dan lain sebagainya. Pelayanan akademik menjadi terganggu karena belum adanya digitalisasi pelayanan yang dilakukan UIN SMH Banten. Oleh sebab itu, dibutuhkan aplikasi SIMIKA dalam mempermudah pelayanan akademik yang dilakukan ke mahasiswa. Sehingga pandemi bukan lagi menjadi alasan untuk tidak memaksimalkan layanan akademik yang dilakukan. Metode penelitian menggunaan mix methods. Dengan langkah awal dilakukan survey untuk mengetahui permasalahan yang ada di lapangan, kemudian dari masalah tersebut dicarikan solusi yang tepat. Selanjutnya dilakukan installasi Aplikasi, setelah aplikasi dilakukan Installasi kemudian Sosialiasi dan Kembali di survei apakah aplikasi tersebut sesaui dengan kebutuhan dari pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata jawaban responden terhadap 11 pertanyaan berkode dari item 1 sampai 11 memiliki nilai minimal 1 (sangat tidak setuju) dan nilai maksimal 5 (sangat setuju). Respon responden yang setuju dengan keberadaan Sistem Informasi Manajemen Fakultas Sains (SIMIKA) sebagai layanan akademik online tergambar dari nilai rata-rata (mean) keseluruhan sebesar 3,91. Sistem Informasi Manajemen Layanan ini hanya menggunakan aplikasi yang tersedia di Hosting, yaitu menggunakan Aplikasi HelpDeskz pada Costumer Support, sehingga dapat menghemat anggaran yang dikeluarkan dalam pembangunan system layanan.


Kata kunci : Digital, Pelayanan Akademik

Article Details

How to Cite
Tabrani, A., Ariani, E., & Maulana, L. (2023). Digitalisasi Pelayanan Akademik Melalui Aplikasi Simika Pada UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ICIT Journal, 9(1), 102-112. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v9i1.2648
Section
Articles

References

[1] Abdullah, Hasim A. 2015. Kepemimpinan, Budaya Organisasi, & Pelayanan Publik. Bandung: Lepsindo.
[2] Aji, Rustam. 2016. “Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital).” Islamic Communication J Ournal 01(01).
[3] Alfianti, Henny, and Aris H. Rismayana. 2020. “Sistem Administrasi Pelayanan Surat Mahasiswa Berbasis Web Dan Mobile Android.” Jurnal Infotekmesin 11(02). doi: 10.35970/infotekmesin.v11i2.215.
[4] Andayani, Sri Wahyu. 2015. “Kontribusi Layanan Akademik Dan Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.” Jurnal Akademik.
[5] Kurniadi, Dede, and Asri Mulyani. 2016. “Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa.” Jurnal Algoritma 13(1). doi: 10.33364/algoritma/v.13-2.437.
[6] Murhadi, and Ponidi Poni. 2020. “Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website Dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal INTEK 3(1). doi: 10.37729/intek.v2i2.567.
[7] Rahareng, Vinny Jennifer, and Ida Nurnida Relawan. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi 5(1). doi: 10.33366/ref.v5i1.565.
[8] Ramzi, Muhammad. 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran Berbasis Web Pada SMK Negeri I Cerme.” Undergraduate Thesis, STIKOM. Retrieved May 25, 2022 (http://sir.stikom.edu/100/5/BAB III.pdf. ).
[9] Salim, Nur Azis, Rahma Cahyani Putri, and Feri Oktavariza. 2020. “Prototype Sistem Informasi Pelayanan Akademik Terhadap Keluhan Mahasiswa Berbasis Web.” Edu Elektrika Journal 9(2). doi: 10.15294/eej.v9i2.42806.
[10] Sedarmayanti. 2014. Restrukturisasi Dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
[11] Simarmata, Janner. 2009. Rekayasa WEB. Yogyakarta: Andi.
[12] Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[13] Wuryantai, AG. Eka Wenats. 2004. “Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan Dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital Dan Masyarakat Informasi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1(2). doi: 10.24002/jik.v1i2.163.