PROTOTIPE SECURITY DOOR LOCK SYSTEM MENGGUNAKAN PASSWORD BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328

Main Article Content

Ageng Setiani Rafika Purnomo Satria Nugroho Ristian Raharjo

Abstract

Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya. Istilah ini bisa digunakan dalam hubungannya kepada kejahatan, segala bentuk kecelakaan, dan lain-lain. Keamanan merupakan topik yang luas termasuk keamananan nasional terhadap serangan teroris, keamanan komputer terhadap hacker, cracker ataupun virus, keamanan rumah terhadap pencuri, penyusup atau lainnya, keamanan finansial terhadap kehancuran ekonomi dan banyak situasi yang berhubungan. Seiring dengan meningkatnya tindakan kejahatan khususnya dalam sebuah ruangan, dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, maka sangatlah dibutuhkan sebuah sistem keamanan pintu ruangan menggunakan model pengaman password pada pintu untuk mencegah orang-orang yang tidak berhak memasuki ruangan yang bukan miliknya. Dari permasalahan tersebut maka dirancanglah prototipe sistem keamanan pintu ruangan menggunakan password berbasis mikrokontroler ATmega328 sebagai bentuk keamanan yang lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. Sistem keamanan menggunakan password ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan keamanan pintu ruangan dari sistem konvensional. Sehingga sistem ini lebih efektif dalam hal pengamanan, dan lebih efisien dalam hal biaya dan perawatan.


 


Kata Kunci: Keamanan, Pintu, Password, Mikrokontroler ATmega328.

Article Details

How to Cite
Rafika, A., Nugroho, P., & Raharjo, R. (2016). PROTOTIPE SECURITY DOOR LOCK SYSTEM MENGGUNAKAN PASSWORD BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328. ICIT Journal, 2(2), 196-206. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v2i2.34
Section
Articles

References

[1] Moch Firmansyah. (2009). Akses Ruangan Digitally Synthesizer Laboratory (DSL) Dengan Menggunakan Metode MPP (Microcontroller Password Protection) menggunakan mikrokontroler AT89S205. Tugas Akhir. Perguruan Tinggi Raharja.
[2] Fitri Apriyani. (2012).Sistem Keamanan Pintu Menggunakan Password Berbasis Mikrokontroller AT89S51. Tugas Akhir. Perguruan Tinggi Raharja.
[3] Gustasari.(2014).Perancangan Sistem Smartcard Sebagai Pengaman Pintu Menggunakan Rfid Berbasis Arduino. Tugas Akhir. Perguruan Tinggi Raharja.
[4] Mohammad Arif Dwi Cahyo. (2014).Desain Prototipe Smart Voice Device Pintu Ruangan Menggunakan Raspberry Pi. Tugas Akhir. Perguruan Tinggi Raharja.
[5] Agung Alpurqon.(2014). Sistem Pengendali Pintu Pagar Secara Otomatis Menggunakan Aplikasi Voice Command Pada Smartphone Android OS. Tugas Akhir. Perguruan Tinggi Raharja.